Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Akupunktur Kucing, Memang Bisa?

Pembaca pasti sudah tidak asing dengan istilah akupunktur. Teknik pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok ini menggunakan jarum tipis yang dimasukkan ke beberapa titik tertentu tubuh. Lokasi dan jumlah penempatan jarum pada terapi akupunktur bisa berbeda yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan, tingkat keparahan, serta jenis penyakit. Akupunktur merangsang titik-titik anatomis tertentu di sepanjang tubuh dengan menusuk kulit dengan jarum, panas, tekanan atau impuls energi listrik untuk merangsang titik-titik tersebut.

Ternyata akupuntur tidak hanya bisa dilakukan pada manusia saja lho. Hewan juga bisa di terapi akupuntur, salah satunya kucing. Banyak manfaat akupuntur pada kucing seperti meningkatkan aliran darah dan oksigen, relaksasi otot yang memberikan efek pereda nyeri, meminimalisir efek samping obat yang diresepkan dan dijual bebas yang merugikan hewan, serta dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

 

Alat dan jarum yang digunakan pada terapi akupunktur (sumber : Dokumentasi Pribadi).

Salah satu penyakit pada kucing yang bisa diterapi dengan akupunktur adalah paraparesis. Paraparesis atau paresis merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan lemahnya gerak badan, bisa disebut sebagai kelumpuhan pada kucing. Pada tanggal 15 Januari 2024 telah datang di Klinik Intimedipet seekor kitten yang berumur 3 bulan dengan keluhan kelumpuhan pada anggota geraknya. Kitten ini sebelumnya dibawa ke klinik lain dan disarankan untuk melakukan terapi akupunktur di Klinik Intimedipet.

Setelah melalui pemeriksaan kitten kemudian di terapi akupunktur. Akupunktur dilakukan dengan menusukkan jarum di dua titik akupunkturasi. Terapi dilakukan selama 10 menit. Setelah 10 menit jarum akan dipindah ke dua titik akupunktuarasi yang lain. Terapi akupunktur dalam menangani paparaesis dapat diulang setiap satu minggu dua kali.Semua tindakan yang dilakukan pada kitten merepresentasikan Sustainable Development Goals (SDGs) ke-3 yaitu Good Health and Well Being yang artinya kesehatan dan kesejahteraan yang baik. Diharapkan setelah tindakan dan terapi yang dilakukan pada kitten akan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kehidupan kitten tersebut.