Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Belajar Happy, Ilmu Terdalami

K-One Animal Care Surabaya menjadi tempat tujuan saya dan beberapa teman saya untuk menjadi tempat belajar di luar kampus ketika saya harus menjalani koasistensi pada Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH). Koasistensi klinik luar kampus dilaksanakan pada tanggal 15 Januari-3 Februari 2024. Hal ini bertujuan agar kami dapat belajar bagaimana untuk siap menghadapi dunia kerja salah satunya dengan bekerja pada klinik hewan.

Selama menjalani pembelajaran ini banyak hal yang kami dapatkan seperti bagaimana cara menghandling dan restrain pada hewan kecil dengan baik dan benar, penanganan pada setiap pasien yang datang, pemberian obat-obatan melalui injeksi subcutaneous, intramuscular, dan intravenous, bahkan kami belajar bagaimana berkomunikasi kepada owner dengan baik dan sopan. Bahkan keahlian yang belum pernah saya pelajari secara langsung sebelumnya seperti cara memasang infus, memasang kateter, teknik suturing dan banyak hal lainnya, saya dapatkan disini. Saya disini juga dapat mengembangkan beberapa hal yang pernah saya coba seperti anamnesa pasien, aukultasi dan palpasi saat pemeriksaan fisik, melakukan pemeriksaan penunjang, bahkan melakukan perhitungan dosis, meracik obat, flushing infus maupun kateter. Beberapa teknik yang mungkin kurang tepat ketika melakukan tindakan pengobatan dapat saya perbaiki.

Auskultasi pada pasien yang mengalami aritmia jantung

(sumber: Dokumentasi Pribadi)

Beberapa kasus penyakit juga dapat saya temui seperti panleukopenia, EGC (Eoshinophilic Granuloma Complex), FLUTD (Feline Lower Urinary Tract Disease, hipertropicardiomyopaty dan lainnya. Banyaknya kasus yang belum pernah saya temui secara langsung sangat membantu saya menambah ilmu baik mulai dari cara penanganan, pengobatan, pencegahan hingga memberikan informasi kepada owner. Perawatan yang dilakukan secara baik dan tepat pada beberapa pasien inap, saya dapat melihat perubahan lebih baik setiap harinya hingga sembuh total.