Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

PENANGANAN PADA KUCING YANG TERKENA CHLAMYDIOSIS DI KLINIK HEWAN GREENZONE

Pada hari minggu tanggal 30 Januari 2024, Telah dilaksanakan kegiatan operasi pengangkatan bola mata (Enukleasi bulbi) pada kucing axe yang terserang Chlamydia yang bertempat di Klinik hewan Greenzone, Surabaya. Chlamydia merupakan salah satu penyakit bakterial yang dapat menyerang hewan kesayangan yaitu kucing. Jenis Chlamydia yang terdeteksi umumnya adalah Chlamydophila felis. Salah satu gejala yang tampak pada penyakit ini adalah  keratitis, konjungtivitis, demam ringan, hingga penurunan berat badan.

Kondisi mata sebelum dilakukan tindakan operasi pengangkatan bola mata (Enukleasi bulbi)

(Sumber: Dokumentasi Pribadi, 2024)

Salah satu teknik operasi pada mata adalah enukleasi, dengan melakukan pembedahan pada area mata dengan tujuan untuk mengangkat bola mata dengan memotong jaringan-jaringan dan syaraf yang ada di dalamnya. Enukleasidapat dilakukan dengan pertimbangan jika bola mata sudang mengalami kerusakan total dan tidak memungkinkan untuk mengembalikan keadaan anatomi seperti semula. Teknik Enukleasi memiliki empat teknik, diantaranya exenterasi; trans-konjungtiva; trans-palpebrae; dan prosthesis ocular. Teknik yang digunakan pada operasi kali ini adalah insisi pada bagian subconjuntiva.

Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH) Gel.40 berkesempatan ikut serta dalam tindakan operasi bedah bersama dengan Dokter Hewan Supriyono dan Dokter Hewan Anindita.
Sebelum melakukan tindakan operasi, dilakukan persiapan alat, ruangan dan hewan. Ruangan yang dijadikan tempat operasi dibersihkan dan meja operasi disterilisasi. Selanjutnya seluruh alat bedah yang digunakan disterilisasi untuk mematikan mikroorganisme yang dapat mengkontaminasi alat bedah. Sebelum melakukan operasi, kucing puasa makan dan minum selama 10 jam agar kerja obat lebih optimal. Pencukuran rambut yang berada di sekitar area operasi mata kiri juga dilakukan untuk mengurangi kontaminasi saat operasi. Mata kiri yang keluar dibersihkan dengan larutan infus. Pemeriksaan fisik secara menyeluruh meliputi pemeriksaan pulsus, frekuensi nafas, frekuensi detak jantung, suhu tubuh, dan pemeriksaan seluruh sistem tubuh juga dilakukan. Selanjutnya hewan diinjeksi menggunakan anastesi total.

Kondisi pasca operasi pengangkatan bola mata (Enukleasi bulbi) (gambar a) dan pemberian terapi obat tetes mata (gambar b)

(Sumber: Dokumentasi Pribadi, 2024)

Setelah dilaksanakan operasi, kucing diberi injeksi obat antibiotik dan antiinflamasi. Kemudian Kucing Axe dipasangi collar untuk menghindari kucing yang menggaruk mata yang telah di operasi. Pada sore hari setelah kucing sadar dilakukan pembersihan dan pemberian obat tetes mata. Pembersihan dan pemberian obat mata dilakukan hingga luka jahitan mengering serta juga diberikan terapi obat oral yang mengandung antibiotik, antiinflamasi, vitamin, dan albumin.

Kegiatan ini membuat saya menjadi lebih sadar tidak hanya manusia saja yang butuh peningkatan kualiatas hidup terutama pada kesehatan, namun juga hewan perlu mendapatkannya karena kegiatan ini dilaksanakan selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3 yaitu good health yang berarti kehidupan yang sehat dan sejahtera yang dapat meningkatkan kualitas hidup hewan.

Ucapan terima kasih saya ucapkan pada Klinik Hewan Greenzone, Supriyono, drh., Santi Vidya, drh., Anindita Khairunnisa, drh,. yang telah membimbing dan senantiasa memberikan ilmunya kepada kami selama proses  pembelajaran di Klinik Luar Kampus.

 

Penulis : Najma Zahara (161229161)

PPDH 40/Kel 1B/Poli 3

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami