Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Yuk Mengenal lebih dalam Operasi Caesar pada Anjing!

Operasi caesar adalah operasi yang tidak asing ditelinga kita. Namun, caesar yang dimaksud adalah caesar yang dilakukan pada ibu yang mau melahirkan. Pernah tidak, kita membayangkan bahwa operasi caesar juga bisa dilakukan pada anjing loh! Kapan dan mengapa ya anjing yang bunting perlu di-caesar? Apa saja resiko yang harus siap dihadapi owner setelah anabulnya di-operasi caesar? Yuk simak di paragraf selanjutnya.

Sebelum ke pembahasan inti, latar belakang saya ingin membahas operasi caesar karena operasi caesar termasuk dalam serangkaian kegiatan yang dilakukan di Koasistensi Klinik Luar Kampus khususnya di Klinik Intimedipet, dan saat itu adalah pertama kalinya saya mengikuti proses operasi caesar. Selain caesar, Klinik Intimedipet juga melayani konsultasi, rawat inap atau opname, ovariohisterektomi, kastrasi, kateterisasi, pemeriksaan USG, jasa kubur dll. Kegiatan yang dilakukan saya dan teman-teman saya diantaranya adalah belajar memasang infus, menghitung dosis obat, membuat obat racik, injeksi obat, teknik-teknik operasi, tahap-tahap perawatan luka, serta melakukan visit atau house calling disekitar daerah Surabaya. Operasi yang kemarin dilakukan diantaranya adalah ovariohisterektomi, operasi tumor, operasi penanganan hernia umbilicalis, dan operasi caesar.

Gambar 1. (Kiri) Pengecekan suhu pasien (Kanan) Perawatan luka pasca sterilisasi

Gambar 2. (Kiri) Pemasangan perban pada pasien (Kanan) Penjahitan luka abses terbuka tergigit luwak

 

Gambar 3. (Kiri) Visit pasien (Kanan) Penjahitan luka terbuka akibat myasis

Operasi caesar atau c-section sendiri adalah operasi untuk mengeluarkan anak anjing dari uterus. Operasi ini dilakukan sebgai operasi emergency ketika induk anjing kesulitan saat melahirkan secara normal, misalnya pada kasus distokia (posisi bayi tidak normal saat hari H kelahiran). Ketika terjadi distokia yang parah, maka opsi operasi caesaradalah opsi terbaik namun resiko pasca operasi harus diperhatikan. Resiko pasca operasi diantaranya haemorrhagi (pendarahan), pyometra (infeksi di uterus), mastitis (radang pada ambing), infeksi pada bagian luka/jahitan serta peritonitis (infeksi di bagian perut/abdomen).

Operasi caesar yang kemarin dilakukan adalah operasi yang dilakukan pada Anjing ras french bulldog bernama Birdie. Usianya sudah 13 tahun. Hasil USG menunjukkan Birdie memiliki 2 anak, lalu owner memutuskan untuk melakukan rawat inap menjelang hari-H kelahiran. Pre Medikasi yang dilakukan saat hari H operasi adalah pemberian injeksi Atropin, Acepromazin, serta ketamin.