Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Perbaikan Manajemen Pakan, Pengolahan susu dan Pemasarannya di Desa Carangwulung, Wonosalam, Jombang

Wabah penyakit kuku dan mulut berdampak pada sapi perah terjadi penurunan produksi susu sehingga perlu penyegeran terhadap peternak sapi perah di desa Carawulung Wonosalam Jombang agar mengembalikan produksinya seperti sebelum wabah PMK untuk mengembalikan produksi susu dilakukan pengabdian kepada masyarakat program pengembangan desa binaan universitas airlangga dengan tema perbaikan manajemen pakan, pengolahan susu, dan pemasarannya. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala KUD Anjasmoro yaitu bapak Widi Asmoro dan ketua Kelommpok Ternak Sapi Perah Jaya Carangwulung Wonosalam yaitu pak Sriawan.

Penyampaian materi mengenai perbaikan manajemen pakan disampaikan oleh Dr. Mohammad Anam Al Arif, Drh., MP., penyampaian materi mengenai pemasaran disampaokan oleh drh. Deddy Fachruddin Kurniawan, penyampaian materi mengenai pengolahan susu disampikan oleh Dr. Emy Koestanti Sabdoningrum, drh.,M.Kes.setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan praktik pembuatan yogurt dan  pembuatan pakan dengan ditambahankan nano ekstrak meniran.

Harapan dari kegiatan ini kepada masyrakat yaitu masyrakat  mendapatkan serta menerapkan ilmu yang telah diberikan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan.

Pesan yang  disampaikan kepada masyarakat melalui program ini yaitu pengabdian kepada masyrakat program pengembangan desa binaan universitas airlangga dapat berkesinambungan meningkatakan harkat martabat peternak.

Dosen yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu, Prof. Dr. Sri Hidanah Ir., MS, Dr.Emy Koestanti Sabdoningrum, drh.,M.Kes., Dr. Mohammad Anam Al Arif, Drh., MP., Dr. Ira Sari Yudaniayanti, M.P., drh, Dr. Kadek Rachmawti, drh., Mkes., Dr. Suharsono, drh., M.Sc., dan Fatin Fadhilah Hasib, SE., M.Si.

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Ageng Giri Kedaton Desa Carangwulung, Wonosalam, Jombang

Stakeholder yang hadir pada acara ini yaitu anggota koperasi sapi perah KUD anjasmoro dan kelompok ternak sapi perah jaya

 

 

Penulis : Dr. Emy Koestanti Sabdoningrum, drh.,M.Kes.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami