Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Kiprah Mantan Asisten Dosem Mata Kuliah Embriologi Meniti Karier Sebagai Embriologist Di RSIA Grand Family Jakarta

Perkenalkan saya Akhmad Afifudin Al-Anshori, juga bisa dipanggil Afif. Saya merupakan salah satu mantan asisten dosen mata kuliah Embriologi Divisi Anatomi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga periode tahun 2018-2019 dan Lulus Sarjana Kedokteran Hewan tahun 2020 serta lulus dokter hewan tahun 2021. Selama menempuh Program Profesi Dokter Hewan (PPDH), saya juga menempuh Pendidikan Magister S2-Biologi Reproduksi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Pada tahun 2022, saya lulus program magister dan di awal tahun 2023 bergabung dengan PT Ingin Anak (SMART IVF) untuk memulai karir sebagai embryologist. Saat ini, saya ditugaskan di RSIA Grand Family Jakarta Utara.

Menjadi asisten mata kuliah embriologi merupakan kesempatan berharga bagi saya untuk memperdalam ilmu embriologi dan memperluas jaringan dengan para dosen serta dapat mengenal lebih jauh profesi embryologist. Sejak dini sudah minat dalam bidang ini, sehingga konsistensi belajar terus tetap terjaga hingga menjadi sebagai embryologist.

Apa itu profesi embryologist?

Embryologist merupakan seorang ilmuwan, profesional medis yang mempelajari ilmu embriologi dengan memiliki skill atau kompetensi pada setiap perkembangan klinis dibidang embriologi.

Bagaimana peran sebagai embryologist?

Peran embryologist yaitu memastikan bahwa sel telur dan sperma yang di panen serta embrio yang didapatkan setelah proses pembuahan atau fertilisasi dirawat dengan benar di laboratorium hingga saat embrio ditransferkan ke dalam rahim calon ibu untuk mendapatkan kehamilan positif.

Saya mengucapkan beribu terima kasih kepada seluruh dosen mata kuliah embriologi Divisi Anantomi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR yang senantiasa mencurahkan segenap ilmu dan selalu memberikan support serta bimbingan, terutama Prof. Dr. Widjiati, drh., M.Si. Saya juga berpesan kepada mahasiswa S1-Pendidikan Dokter Hewan FKH UNAIR “Selagi Menjadi Mahasiswa, Ambilah Kesempatan Menjadi Asisten Dosen Walau Hanya Sekali”

By

Akhmad Afifudin Al-Anshori

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami