Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Study Case sebagai Salah Satu Kegiatan Bimbingan Interna PPDH Divisi Klinik Veteriner FKH UNAIR

Divisi Klinik Veteriner merupakan salah satu divisi yang harus ditempuh mahasiswa PPDH FKH UNAIR. Pada divisi ini, mahasiswa akan mengikuti bimbingan yang terbagi menjadi bimbingan interna dan bimbingan bedah dengan total 8 kali pertemuan pada masing masing bidang tersebut. Untuk bimbingan interna, salah satunya dibimbing oleh Prof. Dr. Wiwik Misaco Yuniarti, drh., M. Kes.

Pada Kamis, 16 Mei 2024 dilakukan bimbingan interna yang dibimbing oleh Prof Wiwik dengan peserta dari mahasiswa PPDH Gelombang 39 Tandem 4 dan PPDH Gelombang 39 Tandem 4 dan 5. Agenda bimbingan kali ini adalah study case. Kegiatan study case atau studi kasus diawali dari pemaparan kasus dari kelompok poli untuk selanjutnya dievaluasi bersama. Studi kasus kali ini mengangkat kasus Urolithiasis dan Canine Coronavirus.

Urolithiasis merupakan penyakit yang disebabkan adanya urolit (batu), kalkuli, kristal ataupun sedimen yang berlebihan dalam saluran urinaria (Widyastuti dkk., 2022). Urolithiasis merupakan salah satu gangguan pada sistem perkencingan yang kerap menjadi masalah pada kucing. Sedangkan Canine Coronavirus merupakan penyakit pada anjing yang disebabkan oleh virus corona dan sangat menular serta rentan pada anjing muda.

Kegiatan studi kasus ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan mahasiswa mengenai setiap kasus yang diangkat serta diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dari evaluasi pembelajaran tersebut dalam menangani pasien.

Penulis : PPDH 39 Tandem 4 FKH UNAIR

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami