Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Workshop Summer Horizons Laboratory Training Mahidol University Thailand

Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, kolaborasi internasional menjadi semakin penting untuk memperkaya kualitas pendidikan dan penelitian. Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga (FKH UNAIR) berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai program kerjasama internasional. Salah satu inisiatif tersebut adalah partisipasi dalam workshop yang diselenggarakan oleh Mahidol University. Workshop Summer Horizons Laboratory Training 2024 pada tanggal 24-28 Juni 2024 di Faculty of Veterinary Science Mahidol University Thailand diikuti dari universitas Airlangga 6 orang Prof. Dr. Lucia Tri Suwanti, drh., MP, dengan topik protozoology, Dr.Emy Koestanti Sabdoningrum, drh., M.Kes., Dian Ayu Permatasari, drh., M.Vet., dan Dr. Zulfi Nur Amrina Rosyada, S.Pt., M.Si. bidang moleculer biology,  Yulianna Puspitasari, drh., M.Vsc., Ph.D. , dengan topik micology sedangkan Dr. Hartanto Mulyo Raharjo, drh., M.Si. dengan topik bacteriology.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru yang sangat berharga bagi pengembangan program akademik dan penelitian di FKH UNAIR. Tujuan utama partisipasi dalam workshop ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan peluang kerjasama dalam bidang pendidikan, keilmuan, dan teknologi, khususnya yang berkaitan dengan program studi di FKH UNAIR. Selain itu, partisipasi ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara Universitas Airlangga dan Mahidol University, serta membuka peluang bagi program-program lain di masa depan. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya akan memberikan manfaat akademik bagi para dosen yang terlibat, tetapi juga akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan reputasi internasional FKH UNAIR.

Dekan Faculty of Veterinary Science Mahidol University Thailand Assoc. Prof. Dr. Walasinee Sakcamduang menyambut dengan kedatangan peserta workshop dengan senang hati dan berharap peserta dapat menjalankan rangkaian workshop dengan sehat dan lancar juga materi yang disampaikan bermanfaat untuk peserta.

 

Secara keseluruhan, workshop ini merupakan kontribusi berharga untuk tujuan pembangunan berkelanjutan. Kegiatan workshop ini berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4: Pendidikan Berkualitas dan SDGs nomor 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

SDGs 4: Pendidikan Berkualitas

  • Target 4.b: Meningkatkan jumlah pemuda dan orang dewasa yang memiliki keterampilan yang relevan, termasuk keterampilan teknis dan kejuruan, untuk pekerjaan, pekerjaan yang layak, dan kewirausahaan.
  • Target 4.7: Pada tahun 2030, memastikan semua peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mendorong pembangunan berkelanjutan, termasuk di dalamnya promosi konsumsi dan produksi berkelanjutan, warga negara global dan apresiasi terhadap keragaman budaya dan budaya serta warisan alam.

SDGs 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

  • Target 17.6: Memperkuat cara pelaksanaan dan merevitalisasi Kemitraan Global untuk Pembangunan Berkelanjutan, termasuk untuk mendukung negara berkembang dalam membangun kapasitas statistik nasional, serta lembaga nasional untuk melacak kemajuan menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.
  • Target 17.7: Mendorong dan mempromosikan pengambilan keputusan dan pelaksanaan yang efektif, inklusif, dan partisipatif di semua tingkatan.

 

Penulis : Emy Koestanti Sabdoningrum

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami