Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

PENTINGNYA EXERCISE UNTUK KESEHATAN ANJING

Rotasi Stase Koasistensi PPDH telah sampai pada Stase Klinik RSHP. Stase ini berjalan selama 7 minggu yaitu tanggal 6 Mei- 17 Juli 2024. Hai! Saya Maria Christi, mahasiswa koas PPDH 40 tandem 5. Selama koas di RSHP, saya mendapatkan amanah untuk merawat seekor Anjing bernama Edmon.

Kenalan sama Edmon!

Edmon adalah anjing abadi di RSHP, jantan, ras mix dengan warna coklat. Edmon merupakan anjing yang selalu bersemangat dan playful.

Selama menjadi penanggung jawab Edmon, setiap pagi dan sore kami selalu rutin melakukan exercise.
Exercise dilakukan selama kurang lebih 20 menit dan biasanya dilanjutkan dengan bermain bersama.
Setelah exercise selesai, kami kembali ke kennel dan dilanjutkan dengan pemberian pakan dan minum.

Manfaat Exercise rutin pada Kesehatan Anjing

Exercise rutin pada anjing dapat memberikan banyak manfaat untuk anjing, baik kesehatan mental maupun fisik anjing. Selama koas di RSHP, exercise untuk anjing adalah hal yang rutin dilakukan setiap pagi dan sore hari.

Beberapa manfaat exercise rutin pada anjing diantaranya adalah pengelolaan berat badan, stimulasi mental, menjaga kesehatan kardiovaskular, menjaga kekuatan sendi dan otot, dan berpotensi memperpanjang umur anjing.

Selain beberapa manfaat diatas, exercise rutin juga meningkatkan kesejahteraan hidup anjing. Di RSHP perawatan kesehatan adalah hal yang utama, namun kami juga tidak mengesampingkan aspek pentingnya aktivitas fisik yang teratur untuk menjaga gaya hidup sehat dan seimbang.

Kegiatan exercise rutin yang saya lakukan bersama Edmon memiliki keterkaitan dengan beberapa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB, yaitu:

  • SDG 3: Kesehatan yang baik dan kesejahteraan: Menjaga kesehatan dan kesejahteraan hewan adalah bagian penting dari kesehatan masyarakat secara keseluruhan.
  • SDG 10: Mengurangi ketimpangan dalam dan antar negara: Akses terhadap layanan kesehatan hewan yang berkualitas masih belum merata di semua negara. Upaya untuk meningkatkan akses ini perlu dilakukan.
  • SDG 17: Kemitraan untuk mencapai tujuan: Kolaborasi antara dokter hewan, mahasiswa koas, dan staf RSHP sangat penting untuk memastikan perawatan dan kesejahteraan Edmon terjaga dengan optimal.

Merawat Edmon selama Stase Klinik RSHP merupakan pengalaman berharga yang mengajari saya tentang pentingnya kesejahteraan hewan. Saya belajar bahwa exercise rutin, asupan makanan yang tepat, dan perawatan kesehatan yang baik adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan hewan peliharaan. Saya bersyukur atas kesempatan ini dan berharap dapat terus belajar dan berkontribusi dalam menjaga kesehatan hewan di masa depan.

Penulis: Maria Christi

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami