Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

PRODI S2 IPKMV DAN PRODI S2 AGRIBISNIS VETERINER FKH SIAP MELANGKAH KE KANCAH INTERNASIONAL

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga  berkomitmen  untuk melaksanakan IKU terakhir atau ke delapan yaitu dengan menambah program studi yang berstandar internasional pada tahun 2024 ini. ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman yang dipilih oleh Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga untuk mewujudkannya, dimana sebelumnya prodi S1 Kedokteran Hewan dan Profesi Kedokteran Hewan telah terakreditasi ASIIN sejak tahun 2019 dan berlaku selama 5 tahun. Saat ini Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga berupaya mengembangkan program studi magisternya yaitu Prodi  S2 Ilmu Penyakit dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (dikoordinir oleh Dr. Eka Pramyrtha Hestianah drh, M.Kes) dan S2 Agribisnis Veteriner  (dikoordinir oleh Prof. Dr. Widya Paramita Lokapirnasari, drh., MP) untuk melangkah ke kancah internasional melalui akreditasi internasional ASIIN.

Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN Prodi  S2 Ilmu Penyakit dan Kesehatan Masyarakat Veteriner dan S2 Agribisnis Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan  Universitas Airlangga  telah dilaksanakan selama 2 hari yaitu  pada tanggal 6 -7 Juni 2024 di ruang pleno Balai RUA lantai 4 gedung Rektorat UA.  Lima Asesor ASIIN yang hadir saat visitasi adalah: Prof. Dr. Helen Louton dari University of Rostock, Jerman ; Prof. Dr. Bernhard Hiebl, University of Veterinary Medicine Hannover, Jerman; Robi Agustiar, Indonesia Cattle and Buffalo Farmers Association, Yayasan CBC (wakil dari bidang industri); Nadya Wacimin dari  Universitas Gadjah Mada sebagai wakil  dari mahasiswa)  serta Johann Jakob Winter sebagai wakil dari ASIIN Office. Para Assesor tersebut melakukan interview dengan pimpinan Universitas, pimpinan Fakultas, Koordinator Program Studi, Tim taskforce, Stakeholder, Dosen, Mahasiswa  dan Alumni untuk melakukan klarifikasi berdasarkan  Self Assement Result (SAR)  prodi yang telah dibuat. Asesor juga berkunjung ke beberapa fasilitas pendukung riset penelitian  yaitu lab. RCVTD, lab. Influenza serta BSL3 di Institute of Tropical Disease (ITD) Unair  dan Lab. Biomoekuler , Lab. Patologi Veteriner , Lab. Pakan Ternak serta Rumah Sakit Hewan Pendidikan di FKHUA.

Langkah lain yang telah ditempuh oleh prodi S2 IPKMV, S2 Agribisnis Veteriner  dan S2 Biologi Reproduksi FKH adalah  melaksanakan kerjasama dalam bidang pendidikan dengan National Pingtung University of Science and Technology (NPYST) di Taiwan pada bulan April 2024 lalu, untuk  program dual degree yaitu sebuah program perkuliahan yang memungkinkan seorang mahasiswa untuk meraih dua gelar akademis sekaligus atau gelar sarjana ganda dalam satu periode studi dalam kampus yang berbeda. Dengan adanya dua upaya tersebut, maka Prodi S2 IPKMV dan S2 Agribisnis  FKH Universitas Airlangga siap untuk melangkah ke kancah persaingan berskala internasional.

(Penulis : Ratna Damayanti, drh., M.Kes)

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami