Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Santai Sejenak di Kandang Budidaya Ternak

Universitas Airlangga melalui divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner kembali mengirimkan mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH) untuk menjalankan Praktek Kerja Lapangan di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya. Diikuti oleh 19 orang dari dua kelompok yang berbeda, PKL kali ini berlangsung mulai dari Senin, 20 Mei 2024 sampai dengan Jumat, 31 Mei 2024. Di hari pertama pelaksanaan PKL, tiga mahasiswa PPDH kelompok 2B dan 3A Gelombang 40 Universitas Airlangga diikutsertakan mengunjungi kandang budidaya ternak milik DKPP Kota Surabaya.

Keberadaan kandang budidaya ternak sekaligus Taman Hutan Raya (Tahura) dapat diibaratkan oasis di tengah hiruk pikuk kehidupan perkotaan di Surabaya. Berlokasi cukup jauh dari jalan raya, akses menuju lokasi memang hanya bisa dijangkau menggunakan kendaraan roda dua, baik sepeda maupun motor. Tempat ini menyuguhkan suasana yang tenang dan rindang serta cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat. Masyarakat umum dapat menikmati tempat ini tanpa dipungut biaya sembari belajar berbagai macam jenis ternak.

Kegiatan PKL ini sejalan dengan komitmen Universitas Airlangga untuk berkontribusi dalam pencapaian SDGs, diantaranya: SDGs 2 (Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan gizi yang baik, serta mempromosikan pertanian berkelanjutan), SDGs 3 (Memastikan kesehatan dan kesejahteraan bagi semua orang pada segala usia), SDGs 13 (Mengambil tindakan segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya), dan SDGs 15 (Melindungi, memulihkan, dan mendorong penggunaan berkelanjutan ekosistem darat, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi desertifikasi, menghentikan dan mencegah degradasi lahan, serta menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati)

Penulis: Ezanti Nur Amelia

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami