Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

PKL MAHASISWA PPDH 40 UNAIR : Satu Tangan Menyelamatkan Sejuta Jiwa

Koasistensi Mahasiswa PPDH merupakan salah satu sarana guna menyiapkan bibit calon dokter hewan. Koasistensi ini terdiri dari beberapa divisi, salah satunya adalah Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) , yang memberikan kesempatan dan wahana bagi para mahasiswa koas untuk mempelajari berbagai bidang terkait Kesmavet dalam ranah seorang Dokter Hewan. Salah satu tempat yang dijadikan sebagai lokasi kegiatan pembelajaran adalah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya. Koasistensi Mahasiswa PPDH Divisi Kesmavet di Klinik Hewan DKPP Surabaya ini dapat dikategorikan dalam SDGs nomor 3, yaitu Memastikan kesehatan dan kesejahteraan bagi semua orang pada segala usia.

Klinik Hewan yang terletak di Jl. Ikan Dorang merupakan salah satu wahana milik DKPP Surabaya. Disini, mahasiswa koas diajarkan mulai dari anamnesa awal hingga penegakan diagnosa serta pemberian terapi pada pasien yang datang. Kegiatan ini diikuti oleh 2 Mahasiswa PPDH 40 Tandem 2 Kelompok 2B pada hari Senin, 20 Mei 2024. Kegiatan dimulai dengan pengarahan oleh Drh. Riza dilanjutkan dengan membantu kegiatan di Administrasi dan anamnesa awal pasien sebelum di arahkan menuju Poli.

Kegiatan selanjutnya adalah membatu Dokter Hewan yang bertugas untuk menerima pasien di Poli. Dimulai dengan pengecekan temperatur dan pembersihan telinga. Terdapat beberapa pasien yang kami terima pada saat itu diantaranya adalah Open Fracture Tibia-Fibula, Abses, Diare dan Vomit, Helminthiasis, Dermatitis, Scabiosis, serta Investasi Parasit Ctenocephalides felis dan Otodectes cyanotis. Terapi yang diberikan kemudian disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien

 

Penulis : Gadis Mehrun Arining Dinah

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami