Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Persiapan Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) : berkunjung ke KUD Sumber Makmur Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang

Salah satu lokasi yang akan digunakan untuk pelaksanaan  Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga tahun 2024 ini adalah di KUD Sumber Makmur Kecamatan Ngantang . KUD ini berlokasi di Jl. Raya Waturejo No.1 Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang . Untuk mempersiapkan pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tersebut, Ratna Damayanti, Drh., M.Kes dan Prof. Dr. Ir. Sri Hidanah mewakili FKH Unair mengunjungi KUD ini pada Rabu, 29 Mei 2024.

Program MBKM di KUD Sumber Makmur dapat berkontribusi pada pencapaian beberapa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yaitu: SDG 1 (Mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuknya di mana pun), SDG 2 (Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan gizi yang baik, serta meningkatkan pertanian berkelanjutan), SDG 8 (Mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, inklusif, dan berkelanjutan, penciptaan lapangan kerja yang produktif dan penuh, serta pekerjaan yang layak bagi semua), SDG 12 (Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan), dan SDG 17 (Memperkuat sarana pelaksanaan dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan).

Sebelum ke KUD Sumber Makmur  terlebih dahulu berkunjung  ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jl. Trunojoyo Kav. IV Kepanjen, Kab. Malang  diterima langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Malang Bapak  Eko Wahyu Widodo. Bapak Kadis dalam arahannya  menyampaikan selain KUD Ngantang ke depan bisa dipertimbangkan untuk menempatkan mahasiswa di KUD Jabung. KUD Jabung  ini selain lebih dekat dengan Surabaya juga merupakan 3 KUD sapi perah terbesar di Kabupaten Malang.

Di KUD Sumber Makmur Ngantang, kami diterima oleh Bapak Sugito. Beliau mewakili KUD Sumber Makmur Ngantang menyatakan kesediaannya untuk ditempati 10 Mahasiswa Program MBKM pada 15 Oktober s/d 23 Nopember 2024. Dalam penjelasannya Bapak Sugito menjelaskan bahwa KUD sumber Makmur ini  mampu menunjukkan kinerjanya yang unggul, bahkan menjadi motor penggerak ekonomi di Desa Ngantang.

Ada 8 unit usaha yang ditangani KUD ini, diantaranya  usaha  pakan ternak, perdagangan dan pelayanan jasa unit simpan pinjam.  Namun, core business KUD ini adalah peternakan sapi perah, dengan produksi susu segar yang cukup besar yaitu sekitar 85 ton per hari.  Untuk pemasaran Susu segar ini KUD Sumber Makmur bekerjasama dengan Industri Pengolahan Susu (IPS) PT. Nestle Indonesia. Pengiriman susu dilakukan 2 kali sehari .

Salah satu upaya KUD ini dalam meningkatkan mutu dan produk susu sapi adalah melalui perbaikan mutu genetik, perbaikan pakan, dan  perbaikan prasarana management pemeliharaan. Saat ini KUD ini sedang membangun kendang closed House untuk Sapi Perah.

Akhirnya semoga melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga bisa belajar  tidak hanya di kelas tapi juga bisa belajar langsung  di lapangan.

 

(Penulis : Prof. Dr. Ir. Sri Hidanah, MS.)

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami