Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

KEGIATAN KULIAH ILMU PENYAKIT DALAM HEWAN BESAR FKH UNAIR

Pada Jumat, tanggal 17 Mei 2024, pukul 09.00 hingga 10.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan kuliah Ilmu Penyakit Dalam Hewan Besar di ruang kelas 4A lantai 4, Fakultas kedokteran Hewan, Universitas Airlangga.

Kegiatan kuliah Ilmu Penyakit Dalam Hewan Besar ini merupakan bagian dari mata kuliah yang diberikan oleh Divisi Klinik Veteriner FKH UNAIR. Materi yang dibahas dalam pertemuan pada 17/05/2024 ini adalah tentang penyakit respirasi pada hewan besar yang meliputi ruminansia, kuda dan babi.

Kuliah ini dihadiri oleh 40 lebih mahasiswa S1 Kedokteran Hewan Universitas Airlangga angkatan 2021. Dosen pengampu mata kuliah ini adalah Prof. Dr. Wiwik Misaco Yuniarti, drh., M. Kes, seorang guru besar aktif FKH UNAIR yang memiliki interes keilmuan pada ilmu penyakit dalam veteriner khususnya terkait hepatologi dan oftalmologi.

Kegiatan kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang penyakit respirasi pada hewan besar, termasuk terkait analisis penyebab penyakit, pendekatan diagnosis, manifestasi klinis hingga prinsip terapi. Pengetahuan ini sangat penting untuk menyiapkan mahasiswa S1 menuju jenjang yang lebih tinggi pada Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH) hingga menjadi dokter hewan yang kompeten dalam mendiagnosis dan menangani berbagai penyakit dalam. selain itu kegiatan ini juga mendukung pelaksanaan SDGs, yaitu SDGs no 4 yaitu pendidikan berkualitas.

Pelaksanaan kuliah berjalan dengan metode ceramah, visualisasi serta diskusi interaktif yang diberikan Prof. Wiwik Misaco kepada mahasiswa S1. Mahasiswa diajak untuk dapat berpikir kritis dan sistematis dalam memahami perjalanan suatu penyakit yang akan berkaitan dengan manifestasi klinis serta tatalaksana terapi suatu penyakit. Metode pengajaran yang diberikan membuat mahasiswa dapat lebih mudah dalam memahami suatu penyakit sehingga mengurangi kebutuhan mahasiswa untuk menghafal dan lebih mengedepankan pemahaman yang mendalam.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami