Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Kegiatan PKL Ternak Besar di Dinas Perikanan dan Peternakan Ngawi

Pada tanggal 18 Maret hingga 5 April 2024, kami mahasiswa PPDH 41 Kelompok 2A Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga dengan nama Nogi Renaldi, Amar Ma’Ruf Fachrul Mu’Minin, Louis Indra Prasetia, Herma Zumratul Qorimah, Nabilla Amalia Arif Saputri, Bellatrix Gloria Veterina Massa, Sintya Kumalasari Wibowo, dan Sonya Lerky Savitrielah berhasil menyelesaikan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Perikanan dan Peternakan Ngawi. Praktik Kerja Lapangan ini diawasi dan dibimbing oleh drh.Tony dan drh.Supriyanto selaku dokter lapangan di Ngawi. Selama pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan kami dibagi menjadi dua kelompok, yaitu daerah barat yang dibimbing oleh drh.Tony dan daerah timur yang dimbimbing oleh drh.Supriyanto.

Kasus yang banyak terjadi di Ngawi adalah mastitis. Mastitis merupakan penyakit yang menyerang kelenjar susu ternak yang ditandai dengan pembengkaan dan kesakitan pada ambing susu. Waktu yang paling rawan adalah beberapa hari setelah melahirkan. Hal ini dikarenakan tubuh ternak sedang turun karena sedang dalam pemulihan pasca melahirkan sehingga kemampuan tubuh melawan infeksi menjadi berkurang apalagi pada ternak yang sudah tua. Selain itu, kasus lainnya yang ditemukan di lapangan antara lain BEF, distokia, retensio, dan asidosis. Diharapkan peternak dapat menjaga kebersihan kandang, kesehatan hewan ternaknya, serta pengelolaan pakan yang berkualitas bagi hewan ternaknya. Selain penanganan kasus – kasus yang terjadi, kami juga melaksanakan kegiatan vaksinasi PMK dan LSD yang merupakan program Dinas Peternakan dan Perikanan Ngawi, pemeriksaan kebuntingan (PKB), serta pelaksaan Inseminasi Buatan (IB).

Kegiatan yang kami laksanakan selaras dengan beberapa Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3 yaitu good health yang memiliki arti membantu meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat Ngawi dengan cara melatih keterampilan kami sebagai mahasiswa dalam bidang peternakan khususnya ternak besar, mampu mewujudkan kesehatan dan meningkatakan kesejahteraan pada sapi peternak di Ngawi.

Terima kasih kepada Dinas Perikanan dan Peternakan Ngawi yang telah memberikan kesempatan dan membagikan ilmu mengenai ternak besar dari segala aspek mulai dari manajemen pemeliharaan, penanganan kasus, vaksinasi, pemeriksaan kebuntingan sekaligus inseminasi buatan kepada mahasiswa PPDH UNAIR Gelombang XLI kelompok 2A

penulis: Mahasiswa PPDH 41 kelompok 2A

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami