Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Praktek Kerja Lapangan Ternak Besar di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulungagung

Kesehatan ternak merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan ternak. Berbagai kerugian seperti penurunan produktivitas, efisiensi pakan, penurunan reproduksi ternak, hingga kerugian ekonomi dapat terjadi apabila suatu penyakit menyerang hewan ternak. Manajemen kesehatan ternak memiliki hubungan erat dengan usaha pencegahan infkesi dari agen-agen penyakit infeksius. Manajemen kesehatan ternak dapat dilakukan dengan menjaga biosecurity, sanitasi kandang, serta mengatur manajemen pakan yang baik agar terciptanya ternak dengan kondisi sehat dan optimal.

Profesi dokter hewan dituntut untuk menyediakan pelayanan spesifik bagi kesehatan hewan serta industri produk hewan, maka mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga berharap mampu menyelenggarakan Praktek Kerja Lapangan hewan besar. Kegiatan praktek kerja lapangan hewan besar ini dilaksanakan oleh kelompok 4D PPDH gelombang 41 yang meliputi pengecekan kesehatan hewan serta pelayanan kesehatan hewan (keswan) yang dilakukan melalui kunjungan rumah warga. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Maret – 5 April 2024 di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulungagung kemudian dibagi menjadi dua lokasi yang berbeda yaitu puskeswan Kedungwaru dan puskeswan Sendang. Meskipun kegiatan ini dilaksanakan pada bulan puasa, namun tidak menyurutkan semangat kami untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan kepada peternak.

Salah satu kegiatan yang kami ikuti yaitu vaksin Penyakit Mulut dan Kuku secara rutin di beberapa daerah. Tujuan dilakukan vaksinasi ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh hewan ternak terhadap virus PMK serta untuk membatasi penyebaran PMK. Hal ini sejalan dengan SDGs (Sustainable Development Goals) nomor 2 One Health dalam kesehatan hewan sebagai bentuk pengendalian penyakit hewan menular. Konsep one health dimaksudkan untuk mencapai tingkatan kesehatan yang optimal bagi masyarakat, hewan, dan lingkungan. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi terkait pentingnya vaksinasi terhadap hewan ternak guna menciptakan kehidupan yang seimbang.

Penulis: kelompok 4D PPDH gelombang 41

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami