Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

VAKSIN IBH: Senjata Ampuh Melawan Penyakit Gumboro pada Ayam!

Pada tanggal 29 April – 25 Mei 2024 kelompok 5B Program Profesi Dokter Hewan Universitas Airlangga gelombang XLI yang terdiri dari Choirul, Daniel, Sisda, Liana, Tasya, Neva, dan Kharomah melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Unggas di PT. Dinamika Megatama Citra Unit Jabung Kabupaten Malang. PKL tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa koas untuk meningkatkan kompetensi di bidang kesehatan unggas. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan di PT. DMC Unit Jabung ialah vaksinasi. Pada tanggal 13 Mei 2024 kami berkesempatan membantu kegiatan vaksinasi rutin Inclousion Bodies Hepatitis (IBH) pada ayam petelur yang berusia 9 minggu sebanyak 10.000 ekor. Kami didampingi oleh Drh. Agung sebagai dokter hewan penanggung jawab bidang kesehatan beserta beberapa operator yang senantiasa membimbing dan mengawasi selama proses vaksinasi. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 8.00 hingga 11.00 WIB.

  1. Dinamika Megatama Citra Unit Jabung Kabupaten Malang memiliki jadwal vaksinasi rutin di 11 kandang yang dilakukan setiap minggu dengan tujuan untuk mencegah potensi ayam terjangkit penyakit, salah satunya IBH. Vaksin IBH adalah inovasi penting dalam dunia peternakan ayam, memberikan perlindungan yang sangat dibutuhkan terhadap penyakit Gumboro. Hal tersebut selaras dengan konsep Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3, yaitu Good Health, yang memiliki arti: dengan strategi vaksinasi yang tepat, peternak dapat menjaga kesehatan kawanan ayam mereka, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi kerugian ekonomi
  2. Selama mengikuti kegiatan vaksinasi ini kami merasa memperoleh jam terbang yang lebih dalam hal melaksanakan vaksinasi sesuai SOP yang berlaku serta memperoleh pengetahuan baru seputar ilmu kesehatan di bidang perunggasan khususnya pada lingkup Industri. Selama berada di lingkungan kerja kami dituntut untuk senantiasa menjaga hubungan kerjasama yang baik dan selalu disiplin waktu karena apabila bersikap yang kurang baik akan berdampak pada bisnis yang sedang dijalankan oleh PT. Dinamika Megatama Citra Unit Jabung Kabupaten Malang.

 

Penulis : Kelompok 5B PPDH 41

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami