Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa PPDH 41 Kelompok 2A di Supermama Farm Banyuwangi: “Mengintip Dunia Praktik Mahasiswa Dokter Hewan: Menjelajahi Tantangan Unggas di Supermama Farm Banyuwangi”

Pada tanggal 29 April hingga 15 Mei 2024, kami mahasiswa PPDH 41 Kelompok 2A Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga dengan nama Amar Ma’ruf Fachrul Mu’minin, Nogi Renaldi, Louis Indra Prasetia, Herma Zumratul Qorimah, Nabilla Amalia Arif Saputri, Bellatrix Gloria Veterina Massa, Sintya Kumalasari Wibowo, dan Sonya Lerky Savitri saat ini melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bidang unggas di Supermama Farm Banyuwagi. Dibimbing oleh drh. Setiawan sebagai dokter lapangan yang bijaksana, kami menyelami praktik kerja lapangan dengan penuh semangat. Di bawah bimbingan dari Bapak Gito, yang tak kenal lelah sebagai manajer kandang di Supermama Farm, kami belajar bagaimana mengelola kandang dengan baik serta menjaga kesehatan para unggas.

Namun, di tengah semangat kami, kami tak bisa mengabaikan realita kasus-kasus yang kerap muncul di Supermama Farm. Salah satunya adalah prolapsus, di mana organ dalam ayam, seperti usus atau kloaka, keluar dari tempatnya yang seharusnya. Prolapsus ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari tekanan berlebih hingga kelemahan pada otot-otot pendukung. Di samping itu, kami juga menemui kasus abnormalitas bentuk telur, seperti telur yang terkontaminasi darah, tidak memiliki cangkang, atau bahkan telur dengan ukuran yang tidak lazim. Dari pengalaman kami ini, kami menyadari pentingnya menjaga kebersihan kandang, kesehatan unggas, dan pengelolaan pakan yang berkualitas. Kami juga turut serta dalam kegiatan vaksinasi ND dan AI, yang merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh Supermama Farm Banyuwangi.

Tak hanya memperoleh pengalaman praktis, kami juga menyadari bahwa upaya kami sejalan dengan beberapa Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya nomor 2 dan 3, yang menegaskan pentingnya mencapai ketahanan pangan dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Melalui praktik ini, kami tidak hanya melatih keterampilan kami di bidang peternakan unggas, tetapi juga berkontribusi pada terciptanya kondisi yang lebih baik bagi peternakan unggas di Banyuwangi.

Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Supermama Farm Banyuwangi atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk belajar dan merasakan pengalaman berharga ini.

 

penulis: Mahasiswa PPDH 41 kelompok 2A

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami