Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Menilik Kegiatan Mahasiswa PKL Ternak Besar di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga memberikan kesempatan kepada mahasiswa PPDH untuk melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di bidang peternakan. Mahasiswa PPDH 41 kelompok 2C yang beranggotakan Alfiando, Nadine Chelsy, Devon, Tasya, Hafis, Anisa, dan Desi melakukan PKL Ternak Besar. Kegiatan Praktik Kerja Lapangan di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi dilaksanakan pada 18 Maret – 5 April 2024. Bertempat di beberapa beberapa kecamatan daerah Banyuwangi yang meliputi Kecamatan Kalibaru, Gambiran, Purwoharjo, dan Pesanggaran.

 

Kasus yang banyak ditemui di Kabupaten Banyuwangi adalah BEF (Bovine Ephemeral Fever) atau demam tiga hari. Kondisi tersebut membuat warga menjadi sedikit resah karena adanya peralihan musim, khususnya musim penghujan, semua hewan menjadi rentan terhadap penyakit. Ada tiga faktor yang saling berkaitan, yaitu faktor agen penyakit, hospes, dan lingkungannya. Faktor ekonomi yang ditimbulkan tidaklah besar apabila penanganan medis dilakukan secara cepat untuk mencegah terjadinya komplikasi dengan penyakit lainnya. Selain itu, kasus lainnya yang ditemukan di lapangan antara lain ORF, mastitis, helminthiasis, serta beberapa penyakit terkait gangguan reproduksi. Peternak diharapkan dapat menjaga kebersihan kandang, kesehatan hewan ternaknya, serta  pengelolaan pakan yang berkualitas bagi hewan ternaknya. Peternak sebaiknya segera melapor ke dokter hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi agar penyakit ini dapat segera ditangani.

 

Kegiatan penanganan kasus yang kami lakukan selaras dengan beberapa Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu nomor 2 dan 3 yaitu membantu meningkatkan ketahanan pangan dan gizi Masyarakat Banyuwangi dengan cara melatih keterampilan kami sebagai mahasiswa dalam bidang peternakan, mampu mewujudkan kesehatan dan  meningkatakan kesejahteraan pada sapi peternak di Banyuwangi.

 

Terima kasih kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi yang telah memberikan kesempatan dan membagikan ilmu mengenai ternak besar dari segala aspek mulai dari manajemen pemeliharaan, penanganan kasus, vaksinasi, pemeriksaan kebuntingan sekaligus inseminasi buatan kepada mahasiswa PPDH UNAIR Gelombang XLI Kelompok 2C.

penulis: Mahasiswa PPDH 41 kelompok 2C

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami