Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Gerbang Pengalaman Baru di Klinik Luar Kampus Bersama Pet’s Choice East Surabaya

Program klinik luar kampus atau biasa disebut LK merupakan salah satu rangkaian kegiatan koasistensi devisi klinik. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 13 Januari – 3 Februari 2024 Saya Syifa Ramadhan Pratama dari PPDH 40 Tandem 1 FKH UNAIR kegiatan dilakukan di Pet’s Choice East Surabaya yang merupakan salah satu klinik yang telah bekerjasama sebagai wahana LK tersebut.

            Selama kegiatan disana saya mendapatkan banyak sekali ilmu, pengalaman dan beberapa kasus penanganan hewan kesayangan. Saya disana juga mendapatkan ilmu bagaimana handling hewan kesayangan yang benar dan baik, pemberian pakan, dan pemberian obat dengan baik dan benar, penanganan pre dan post operasi.

            Selama saya disana saya menemukan berbagai kasus seperti Helminthiasis pada anak anjing, FLUTD pada kucing dan pyometra pada anjing. Untuk pyometra penangannya dokter disana memberikan tindakan operasi karena dugaan pyometra dikarenakan sebagian dari ovarium dari hewan masih tertinggal di dalam pada saat proses steril.

Anjing terserang helminthiasis dan kucing yang mengidap FLUTD

(Sumber, Dokumentasi pribadi)

Untuk pasien anjing yang mengalami pyopetra tersebut diduga kurang bersihnya dan telitinya dokter yang menagani steril tersebut jadi bisa menyebabkan pyometra yang menyebabkan anjing tersebut kesakitan. Hal tersebut jadi mengingatkan saya betapa pentingnya menjaga kesehatan dan kesejahteraan hewan dan dokter hewan sebagai ujung tombak dari kesehatan dan kesejahteraan hewan juga harus memiliki tanggu jawab pada setiap pasien yang ditangani. Hal tersebut selaras dengan selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3 Good Health yang memiliki arti kesehatan dan kesejahteraan hewan juga merupakan unsur penting dalam kesejahteraan manusia dan kita sebagai dokter hewan harus bertanggung jawab terhadap profesik kita.

Penulis Syifa Ramadhan P.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami