Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

MENILIK KEGIATAN MAHASISWA PPDH 41 DI SARI SAYUR FARM MAGETAN

page1image9693968 page1image9684400

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga memberikan kesempatan kepada mahasiswa PPDH untuk melakukan praktik kerja lapangan (PKL) di bidang perunggasan. Mahasiswa PPDH 41 kelompok 2C yang beranggotakan Alfiando, Nadine Chelsy, Devon, Tasya, Hafis, Anisa, dan Desi melakukan PKL Unggas di PS Ndoyo dan Sari Sayur Farm, Magetan. Kegiatan PKL Unggas berlangsung dari tanggal 29 April – 24 Mei 2024. Salah satu kegiatan yang kami lakukan yaitu manajemen pemeliharaan.

Manajemen pemeliharaan untuk ayam petelur sangat penting untuk diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap produksi telur yang dihasilkan. Manajemen pemeliharaan yang dilakukan di sari sayur farm terdiri dari pembersihan tempat minum menggunakan kain, pemberian pakan dan air minum serta pengambilan telur. Pakan yang digunakan di Sari Sayur Farm merupakan hasil pencampuran sendiri (self mixing), sedangkan penambahan air minum dilakukan dengan pencampuran hidrogenperoxyda guna meningkatkan produksi secara keseluruan pada ayam petelur. Pengambilan telur dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Telur yang sudah terkumpul akan diseleksi di gudang telur kemudian didistribusikan secara lokal.

Kegiatan manajemen pemeliharaan yang kami lakukan selaras dengan Sustainable Development Goals (SGDs) nomor 3 yaitu Good Health yang memiliki arti mewujudkan kesehatan dan meningkatakan kesejahteraan pada ayam petelur di Sari Sayur Farm, Magetan.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami