Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Mengenal Dunia Kebidanan dan Teknologi Transfer Embrio di dunia Veteriner oleh Mahasiswa PPDH 39 Devisi Reproduksi

Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan Gelombang 39 Sub Kelompok 4B Fakultas Kedoteran Hewan Universitas Airlangga. Saat ini berada di Eks-Lab Kebidanan Devisi Reproduksi Veteriner yang merupakan devisi terakhir stase di PPDH 39. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu minggu dimulai 26 April hingga 3 Mei memberikan banyak pemahaman ilmu baru bagi mahasiswa PPDH 39. Adapun mahasiswa yang mengikuti koasistensi yaitu Azhari Athaillah, Talitha Putri S, Amira halimah zahrorona, Ilsa Mifa Nofira, Luthfiyyah Nur A, Low Bryan, Saumi Kirei.

Proses kegiatan yang yang dilakukan di Lab Kebidanan dimulai dengan penugasan teori yang diberikan dosen mengenai kasus-kasus kebidanan yaitu distokia, diagnosa kebuntingan dan Transfer Embrio. Kemudian setelah diberi penugasan dilakukan diskusi dengan Dosen Ahli dalam bidangnya untuk memperdalam pemahaman kita dalam ilmu kebidanan, sesi diskusi ini aktif diikuti oleh mahasiswa dikarenakan mahasiswa sudah sedikit mengetahui dari penugasan yang sebelumnya diberikan. Salah satu materi yang menarik yaitu Transfer Embrio, dikarenakan TE merupakan teknologi yang jarang dilakukan namun mempunyai banyak keunggulan. Bagaimana sel telur yang banyak dihasilkan oleh induk pendonor telah dibuahin di tranferkan ke induk betina lainnya.  Setelah diskusi, kegiatan Praktik salah satunya yang dilaksanakan oleh mahasiswa yaitu Flushing Embrio dan Aspirasi Oosit pada organ reproduksi kambing yang diambil dari Rumah Potong Hewan kemudian pengamatan di mikroskop pada gambar diatas. Selain itu kami diberikan penugasan praktik membuat video mengenai topik diskusi yaitu yang sebelumnya dibahasa oleh dosen (pertologan distokia, diagnosa kebuntingan dan metode transfer embrio). Adapun tujuan dari pembuatan video praktik ini yaitu meningkatkan hard skill seperti ahli kebidanan dan sofft skill seperti keterampilan, kreatifitas, skill komunikasi dan disiplin. Diharapkan mahasiswa PPDH nantinya menjadi lulusan Dokter Hewan yang berkualitas di lapangan. Sehingga lulusan UNAIR dapat banyak dikenal di Indonesia.

Kami ucapkan banyak terimakasih kepada dosen kami Prof. Dr. Imam Mustofa, drh., M.Kes.; Suzanita Utama, drh., M.Phil., Ph.D.; Dr. Tjuk Imam Restiadi, drh., M.Si.; Sri. Mulyati, drh., M.Kes.; Prof. Dr. Tita Damayanti Lestari, drh., M.Sc. yang telah banyak membimbing dan menyempatkan waktu untuk memberikan materi dan diskusi.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami