Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Kegiatan Field Trip Mahasiswa S2 Agribisnis Veteriner FKH UNAIR

Mahasiswa S2 Agribisnis Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, pada Rabu 1 Mei 2024 mengadakan kunjungan lapangan ke beberapa usaha peternakan di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Kunjungan ini dimaksudkan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan mahasiswa utamanya terkait dengan mata kuliah Manajemen Usaha Komoditas Veteriner (MUKV).

Sebelum menuju lokasi Peternakan, rombongan diterima oleh Drh. Tutik Purwaningsih Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri, yang sekarang juga tercatat sebagai Mahasiswa S2 Agribisnis FKH Unair. Disini mahasiswa mendapat pencerahan terkait program-program  yang dilaksanakan DKPP dan capaian-capaiannya.

Selanjutnya rombongan menuju ke stable Amigo, salah satu Peternakan Kuda di Kabupaten Kediri. Beberapa kuda di Amigo Stable milik Bapak Bambang ini sudah beberapa kali menjadi juara baik tingkat regional maupun nasional. Stable ini juga menyediakan pejantan-pejatan import dari Australia dan Eropa yang bisa dimanfaatkan sebagai pejantan untuk disilangkan dengan  kuda betina local.

Setelah itu rombongan mahasiswa menuju Barokah Farm. Disini mahasiswa mendapatkan wawasan tentang usaha Domba. Barokah Farm ini milik dr. Taufan Hidayat, seorang dokter umum yang rela resaign dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk focus pada usaha peternakan Domba. Barokah Farm selain mempunyai usaha budidaya domba, juga mengembangkan Pelatihan beternak Kambing dan Domba bagi pemula, sebagai importir Domba indukan, dan sebagai inti pada program kemitraan system Close Loop untuk kambing dan domba.

Kunjungan selanjutnya di Banjarsari Farm, usaha Peternakan Sapi milik Kelompok Tani di Desa Banjarsari. Peternakan sapi ini selain untuk tujuan penggemukan, juga sebagai usaha breeding. Tingkat kebuntingan dan Tingkat kelahiran sapi-sapi disini termasuk cukup tinggi. Di Peternakan ini sekarang juga mengembangkan unit pengolahan kotoran ternak untuk dijadikan pupuk organic.

Kegiatan Field trip ini didampingi PJMK dan tim Pengajar Mata kuliah Management Usaha Komoditas Veteriner, Prof. Dr. Ir. Sri Hidanah, MS dan Dr. Emy Koestanti Sabdoningrum, Drh., M. Kes. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan field trip ini, karena selain bertambah wawasan, juga menjadi terinspirasi dan termotivasi untuk berwirausaha dan tentunya semakin mengakrabkan persaudaraan diantara para mahasiswa S2 Agribisnis Veteriner FKH Unair.

(Penulis : Sri Hidanah)

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami