Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Momen paling menegangkan adalah Ketika kami diberi kesempatan untuk melakukan sterilisasi pada kucing

Tidak terasa sudah beberapa minggu sejak hari terakhir di divisi klinik. Pengalaman diklinik dan RSHP ini memiliki kesan tersendiri bagi kami. Saya mendapatkan kesempatan yang luar biasa untuk melakukan praktek langsung di klinik dan RSHP selama 10 minggu. Bagi beberapa orang, 10 minggu memang terdengar singkat, namun ilmu yang didapatkan sungguh tak terhitung jumlahnya. Selama masuk divisi klinik saya menemukan berbagai macam kasus saat melaksanakan praktek langsung di klinik luar dan RSHP.

Sebuah hal yang yang mengagumkan bagi saya yang telah memasuki divisi klinik dan RSHP yang dapat melihat langsung bagaimana dokter hewan bertindak pada pasien terutama pada saat melakukan operasi. Kami juga diajarkan cara menghitung volume dosis obat yang tepat. Selain itu, kami belajar tentang golongan obat yang tepat dan tentang golongan, fungsi, dan dosis tetap obat. Tidak lupa, kami juga diperkenalkan dengan alat-alat yang diperlukan pada saat opeasi dan pemeriksaan fisik. Selama 10 minggu di klinik, mereka mebantu para dokter hewan untuk memberikan obat rutin pada pasien rawat inap. Kami juga diajarkan cara menginjeksi melalui intravena, intramuscular dan subcutan. Selain itu kamki diajarkan cara memberikan obat ttablet, menyuapkan makanan, handling hewan dan melakukan pemeriksaan fisik.

Momen paling menegangkan adalah Ketika kami diberi kesempatan untuk melakukan sterilisasi  pada kucing. Sungguh menegangkan karena hal itu merupakan kali pertama melakukan operasi secara mandiri, tapi saya aungguh bangga dengan diri kami dan bersyukur karena operasi dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan yang sudah dilakukan oleh klinik merupakan implemetasi dari pilar SDGs atau sustainable development Gooals (SDGs) nomer 4, yaitu Quality Education karena kegiatan di klinik dan RSHP yang telah dilakukan memberikan manfaat dan ilmu yang dapat diterapkan di kemudian hari baik sebagai mahasiswa koas dan maupun secara calon dokter hewan. Selain itu, kegiatan klinik ini juga merupakan implementasi dari pilar SDGs nomer 15, yaitu life on land karena kegiatan diklinik dan RSHP mengedepankan animal walfare, khususnya pada hewan kesayangan yang dampak berdampak positif bagi ekosistem lingkungan.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami