Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Pelayanan Radiografi di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga

Sebelumnya perkenalkan saya Tania, mahasiswi Pendidikan Profesi Dokter Hewan Gelombang 40 dari Tandem 2 yang saat ini sedang menjalani koasistensi di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga.

saya dan rekan-rekan saya menerima pasien seekor French

Bulldog betina usia 8 tahun yang datang dengan keluhan dari vaginanya keluar leleran berwarna coklat kemerahan seperti tercampur darah. Setelah kami melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik, kami konsultasikan kepada dokter penanggung jawab dan oleh beliau disarankan untuk melakukan pemeriksaan radiografi, yakni X-Ray agar dapat melihat penampang organnya untuk menunjang penegakkan diagnosa. Saat itu merupakan pertama kalinya saya dapat melakukan X-Ray.

Sampai di Ruang X-Ray kami mengisi log book terlebih dahulu dan menyampaikan kepada paramedis yang bertugas mengenai posisi yang diperlukan serta ukuran film. Lalu kami mengenakan baju pelindung radiasi dan membantu untuk menghandling pasien.

Setelah didapat foto X-Ray dengan posisi lateral dan ventrodorsal, kami berkonsultasi kembali kepada dokter penanggung jawab untuk menginterpretasikan hasil dari X-Ray. Dan hasilnya menunjukkan bahwa uterusnya nampak

membesar, yang menegakkan diagnosa kami bahwa pasien menderita pyometra. Setelah menyampaikan tindakan-tindakan yang diperlukan kepada owner, owner pun setuju untuk dilaksanakan operasi dan opname. Dan kini kondisi pasien sudah sehat dan membaik.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami