Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Staff Outbound Divisi Parasitologi dan Mikrobiologi Veteriner FKH Universitas Airlangga ke University Malaya Malaysia

Pada tanggal 3-7 September 2023, staf Divisi Parasitologi Veteriner dan Divisi Mikrobiologi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (UNAIR) melakukan kegiatan staff outbound ke Universiti Malaya dan Universitas Kebangsaan Malaysia. Tim terdiri dari Prof. Dr. Poedji Hastutiek, drh., M.Si., Dr. Wiwiek Tyasningsih, drh., M.Kes., dan Agus Sunarso, drh., M.Sc.

Pada hari minggu tanggal 3 September 2023, dengan menggunakan pesawat terbang kami berangkat dari terminal 2 Bandara Internasional Juanda tepat pukul 08.30 WIB pesawat take off ke Malaysia, pada pukul 12.10 WIB pesawat landing di terminal 1 Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Persiapan Keberangkatan ke Malaysia

DOSEN FKH UNAIR MENGADAKAN LAWATAN DALAM RANGKA PENJAJAKAN KERJASAMA INTERNASIONAL DENGAN FAKULTI PERUBATAN UNIVERSITI MALAYA- MALAYSIA

Kunjungan ke Universiti Malaya 

Kegiatan pada hari pertama tanggal 4 September 2023 kunjungan  ke Fakultas Perubatan (FK) Universiti Malaya di Kuala Lumpur, tim diterima oleh Ketua Departemen Parasitologi Fakulti Perubatan Universiti Malaya Malaysia beserta staf dosen.

Ketua Departemen Parasitologi Prof. Dr. Lau Yee Ling BSc (Hons), MMedSc, PhD memaparkan aktifitas penelitian dan publikasi yg telah dilakukan oleh tim, selanjutnya Ketua Divisi Parasitologi Veteriner FKH UNAIRProf. Dr. Poedji Hastutiek, drh., M.Si, memaparkan sekilas tentang profil Universitas Airlangga dan Fakultas Kedokteran Hewan juga road map penelitian fokus pada One Health dan Biomedical Science, dilanjutkan dengan diskusi yang dihadiri oleh beberapa staf dosen dengan kepakaran dalam bidang penyakit yang bersifat zoonosis seperti penyakit Malaria,  protozoa saluran pencernaan  diantaranya Blastocystis, Cryptoproridium, Balantidium coli dan vektor pembawa penyakit seperti nyamuk, caplak, lalat serta infeksi cacing pada manusia dan hewan dan pengembangan penelitian untuk pengobatan menggunakan tanaman obat (herbal). Diskusi dilanjutkan dengan pembahasan kemungkinan dilakukan penjajakan kerjasama kolaborasi dalam bidang penelitian dan menciptakan mitra internasional.

 

Presentasi Profil Universitas Airlangga dan Fakultas Kedokteran Hewan  oleh Ketua Divisi Parasitologi Veteriner Prof. Dr. Poedji Hastutiek, drh., M.Si.

 Meskipun kedua fakultas memiliki latar belakang yang berbeda, namun dalam bidang Parasitologi terdapat potensi yang besar untuk berkolaborasi baik dalam pendidikan maupun riset menyangkut penyakit yang bersifat zoonosis terutama dalam konteks permasalahan One Health dan Biomedical Science.

Kerjasama internasional seperti ini diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi perkembangan akademik dan riset di kedua institusi, serta mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang parasitologi. Kegiatan kunjungan diakhiri dengan pertukaran souvenir dan foto bersama sebagai tanda persahabatan antara kedua fakultas.

 

 

Bersama Ketua Departemen Parasitology Prof. Dr. Lau Yee Ling BSc (Hons), MMedSc, PhD (baju merah) dan Staff Fakulti Perubatan Universiti Malaya.

 

 

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami