Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

30 Dokter Hewan Daerah Melaksanakan Penerapan One Health Dalam Investigasi Wabah pada Ternak Hewan Besar

27/02/2024 – Hari kedua pelaksanaan pelatihan penyidikan penyakit Tenaga Profesional Kesehatan Hewan Garis Depan, peserta mulai diperkenalkan tentang penerapan one health dalam investigasi wabah dan tahapan investigasi penyakit hewan. Penyampaian materi diberikan oleh fasilitator profesional yaitu drh. Susilo Budi Sulistyo, drh. Widi Nugroho, PhD, drh. Adhitya Yoppy Ro Chandra, M.Si, dan Dr. drh. Nusdianto Triakoso, MP. 

 

30 dokter hewan peserta diberikan beberapa materi mengenai tahapan investigasi dan peranan One Health dalam investigasi wabah dari awal. Penunjang keberhasilan dalam penyampaian materi, peserta diberikan definisi kasus dan adanya penelusuran kasus untuk melihat pemahaman peserta dengan materi yang diberikan. Materi yang disampaikan pada hari kedua ini, akan berguna bagi peserta untuk terjun langsung kelapangan. Setiap sesi penyampaian materi, peserta diberikan studi kasus dan diberikan waktu untuk penyelesaiannya. Hasil diskusi kelompok akan langsung dipresentasikan dan digunakan sebagai bahan diskusi forum. 

 

Peserta dibagi menjadi lima kelompok dan diberikan tugas untuk membahas penyakit di suatu wilayah yang dikategorikan sebagai sebuah wabah. Kegiatan ini dilakukan untuk melihat pemahaman peserta mengenai investigasi awal penyakit yang berpotensi menjadi wabah dan rencana dalam menanggulanginya. Peserta diajak untuk berpikir kritis dalam penanganan sejak dini penyakit yang berpotensi sebagai wabah.

 

Kegiatan pada hari kedua ini, mengajak peserta pelatihan untuk lebih memahami materi yang disampaikan melalui studi kasus, teka – teki, dan diskusi forum. Hal ini dapat memenuhi beberapa indikator Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu poin 3. Kehidupan sehat dan sejahtera, 4. Pendidikan berkualitas, 8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dan 17. Kemitraan untuk mencapai tujuan.  

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami