Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Melihat Manajemen Kesehatan dan Reproduksi Sapi “Wagyu” dari Dekat: Inisiasi Kerja Sama FKH UNAIR dengan Shepherd Central Livestock Clinic Jepang

Shepherd Co., Ltd. Pertama kali dibuka pada tahun 1996. Merupakan klinik hewan besar dengan servis penanganan medis dan konsultan profesional yang berfokus pada sapi potong (wagyu). Lokasi kantor utamanya beradai di Prefecture Kagoshima yang merupakan sentral peternakan sapi wagyu di Jepang. Prefecture Kagoshima adalah Prefecture paling selatan di area Kyushu yang berbatasan secara langsung dengan Kumamoto Prefecture dan Miyazaki Prefecture. Disana terdapat gunung berapi aktif “Sakurajima” yang menjadi daya tarik tersendiri. Pada tahun 2021, mereka membuka cabang pertamanya di Prefecture Tochigi (Shepherd Tochigi Branch).

drh. Oky Setyo Widodo, dosen Divisi Peternakan FKH UNAIR yang saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di Yamaguchi University berkesempatan berkunjung dan mengikuti kegiatan di Shepherd Kagosima pada 14–16 Februari 2024. Disana terdapat 4 dokter hewan, 1 teknisi dokter hewan, dan 1 supporting staff yang bekerja bersama. Dalam kesempatan kunjungan tersebut juga dimanfaatkan untuk membuka peluang kerjasama antara FKH UNAIR dan Shepherd. Dari hasil diskusi, respon yang sangat baik dan positif didapatkan. Dimungkinkan untuk kunjungan, mengikuti kegiatan penanganan klinik, serta kerjasama riset bersama. Hal ini membuka peluang untuk mahasiswa FKH UNAIR untuk dapat mengembangkan keilmuan dan keterampilan di bidang profesi dokter hewan khususnya sapi potong. Dan juga peluang yang sangat terbuka bagi dosen FKH UNAIR untuk kerjasama penelitian internasional.

 

https://www.shepherd-clc.com/

Yamaguchi, 20 Februari 2024

Penulis: Oky Setyo Widodo

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami