Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Peran Mahasiswa PPDH di RSHP UNAIR

Seluruh mahasiswa PPDH 39 Tandem 5 FKH UNAIR memulai kegiatan koasistensi divisi klinik di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga pada tanggal 8 Februari 2024. Kegiatan ini bersifat wajib dan berlangsung selama 7 minggu yang mana di 2 minggu terakhir nanti akan ada ujian praktikum dan juga ujian teori. Disini kami mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengalaman baru yang sebelumnya belum kami dapatkan di S1, diantara nya adalah kami diajarkan cara berkomunikasi yang baik sehingga apa yang kami maksudkan bisa tersampaikan dengan baik, kami juga diajarkan cara handling pasien dengan baik dan benar. 

Masing-masing dari kami juga diberikan tanggung jawab untuk merawat satu pasien rawat inap. Kami bertanggung jawab mulai dari pemberian treatment nya yang biasanya dilakukan dua kali sehari yaitu pada pagi dan siang hari, laporan ke dokter-dokter dan paramedis-paramedis dan juga laporan ke pemilik pasien tersebut setiap hari nya. Selesai treatment, lalu kami stand-by di ruang jaga koas. Jika ada telepon yang masuk, itu tandanya ada pasien yang baru masuk maka kami harus bergegas masuk ke poli tersebut. Pasien-pasien yang datang ke RSHP UNAIR sangat beragam-macam spesies nya mulai dari kucing, anjing, kelinci, hamster, iguana, sapi, burung, dll. Tentunya pasien-pasien tersebut datang dengan keluhan yang beragam macam juga.

Disini kami juga diajarkan berbagai pemeriksaan penunjang mulai dari X-ray, USG, uji lab darah, pemeriksaan mikroskopis, dll. Kami juga ikut melihat dan menjadi asisten saat ada dokter yang melakukan operasi pembedahan seperti ovariohisterektomy, orchiectomy, cystotomy, dll. Operasi tidak bisa dilakukan seorang diri. Dokter pasti memerlukan asisten untuk membantu selama operasi berlangsung. Hal ini sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 17.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami