Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Penerapan Kesejahteraan Hewan di Klinik Daerah Surabaya

Surabaya, 01 Januari 2024 telah dilaksanakan operasi abses dibagian abdominal pada kucing kunkun di Klinik Intimedipet. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) nomer tiga yaitu Good Health and Well Being(Kehidupan Sehat dan Sejahtera), sejahera disini merupakan konsep One Health atau satu kesehatan yaitu menyeimbangkan dan mengoptimalkan kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan. Menurut UU No. 18 tahun 2009 kesejahteran hewan adalah segala urusan yang berhubungan dengan keadaan fisik dan mental hewan menurut ukuran perilaku alami hewan yang perlu diterapkan dan ditegakkan untuk melindungi hewan dari perlakuan setiap orang yang tidak layak terhadap hewan yang dimanfaatkan manusia. Terdapat lima prinsip dari kesehatan hewan, yaitu bebas rasa lapar dan haus, bebas dari rasa tidak nyaman, bebas dari rasa sakit, bebas dari rasa takut dan stress, dan bebas dalam mengekspresikan tingkah laku alamiahnya.

Menurut American Animal Hospital Association (AAHA) menyebutkan bahwa lebih dari 70% pemilik hewan peliharaan melihat hewan peliharaan mereka sebagai anak-anak, 48% secara emosional tergantung pada hewan peliharaan mereka, dan 83% akan mengambil resiko dalam hidup mereka demi hewan peliharaanya. Saat ini memelihara hewan seperti kucing merupakan sebuah hobi yang di rawat dengan kasih sayang. Tidak hanya sekedar memberi makan dan minum, namun juga melakukan vaksinasi, grooming, obat cacing, maupun pengobatan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya owner yang mendatangkan kucingnya untuk perawatan medis seperti pada kucing kunkun ini.

Dengan mengobati hewan yang sakit atau terluka seperti kucing putih diatas merupakan salah satu bentuk upaya kepedulian dan memperhatikan kesejahteraan hewan berupa keadaan fisik.

 

Penulis : Afrihatus Solikah

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami