Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Tarian Indonesia dari Sumatera hingga Papua oleh Mahasiswa di Yamaguchi University Jepang

Bagi beberapa mahasiswa Indonesia, awal tahun 2024 ini adalah saat yang ditunggu-tunggu karena acara tahunan berupa malam keakraban untuk seluruh mahasiswa internasional yang berkuliah di Yamaguchi University, kembali diadakan setelah 3 tahun vakum karena pandemi COVID-19. Acara yang bertajuk “International Student Friendship Exchange Party” di adakan di Kirara Cafetaria Yamaguchi University pada hari Selasa, 16 Januari 2024.

Acara dimulai dengan sambutan pembuka oleh Presiden Yamaguchi University, Prof. Yukio Tanizawa, MD.,Ph.D. Dilanjutkan dengan penampilan dari mahasiswa perwakilan dari masing-masing negara. Pada tahun ini, mahasiswa asal Indonesia, Laos, Vietnam dan Bangladesh berturut-turut menyajikan tarian, nyanyian atau kesenian asal negara masing-masing. Tim Indonesia menampilkan tarian medley dari berbagai daerah, dimulai dengan tari Piring dari Sumatera Barat, tari Ondel Ondel dan tari Yapong dari Betawi serta Tari Yamko Rambe Yamko dari Papua. Salah satu penampil dari Indonesia tersebut adalah Hardany Primarizky, drh., MVM. merupakan staf pengajar dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga yang sedang menempuh Pendidikan doktoral di Joint Graduate School of Veterinary Medicine Yamaguchi University.

Setelah penampilan para mahasiswa asing, giliran mahasiswa asal Jepang mempersembahkan tarian tradisional negara mereka yaitu Yosakoi dan sekaligus menjadi penghujung acara pada malam itu. Semua peserta terlihat begitu antusias dan senang, begitu juga dengan jajaran pemimpin Yamaguchi University. Dalam sambutannya di awal acara, Presiden Yamaguchi University menyebutkan bahwa acara ini bertujuan untuk saling mengenal antara mahasiswa dari berbagai negara dengan mahasiswa asal Jepang sendiri, sehingga dapat mengakrabkan diri dan menjalin hubungan yang baik serta dapat saling mengetahui budaya masing-masing negara. Hal ini juga selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 17 yaitu Partnership for the Goals, yang memiliki arti kemitraan untuk mencapai tujuan Pembangunan berkelanjutan.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami