Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

KUNJUNGAN BALAI BESAR PENGUJIAN STANDAR INSTRUMEN VETERINER BOGOR KE MUSEUM DAN LABORATORIUM ANATOMI

Surabaya, 19 Januari 2024 – Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Veteriner (BBLITVET), melakukan kunjungan ke Museum Anatomi dan Laboratorium Anatomi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (FKH UNAIR). Kunjungan ini merupakan sebuah langkah penting untuk memperluas kesempatan kerjasama antara dua instansi dan pemahaman baru tentang adanya museum anatomi veteriner pertama di Indonesia.

 

Kunjungan dimulai dengan eksplorasi di Museum Anatomi Veteriner, dimana peserta kunjungan dari BBLITVET dapat menjelajahi koleksi spesimen anatomi hewan. Dari tulang hewan kuda, tulang hewan sapi, tulang hewan kambing, organ paru-paru anjing, dan taxidermy dari beberapa hewan seperti musang, ayam dan biawak.

 

Setelah menjelajahi museum, BBLITVET Bogor diajak untuk mendapatkan pengalaman langsung di Laboratorium Anatomi Veteriner. Disini, mereka diajak untuk melihat bagaimana sistematika praktikum anatomi dilakukan dan perkembangan dari laboratorium anatomi, yang mana saat ini sudah mulai menggunakan peralatan modern seperti Layar LCD utama di depan dan beberapa yang terpasang di langit-langit, begitu juga penggunaan kamera yang terkoneksi dengan layar-layar tersebut untuk mempermudah dalam pengajaran saat praktikum.

 

Selama kunjungan di Museum Anatomi dan Laboratorium Anatomi Veteriner, BBLITVET Bogor memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan staff pengajar dari Divisi Anatomi Veteriner. Diskusi intens tentang temuan terbaru dalam bidang anatomi veteriner membantu memperdalam pemahaman terhadap perkembangan ilmu kedokteran hewan. Kunjungan ini menyoroti pentingnya pertukaran pengetahuan antara lembaga pendidikan dan praktisi lapangan.

 

Kunjungan BBLITVET Bogor ke Museum Anatomi dan Laboratorium Anatomi Veteriner FKH UNAIR adalah langkah positif dalam memperkaya wawasan ilmiah dan praktis mereka. Ini adalah contoh kolaborasi nyata kolaborasi antara lembaga pendidikan dan praktisi penelitian di lapangan dapat memberikan manfaat besar bagi perkembangan ilmu kedokteran hewan.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami