workshop IVF, ICSI, Freezing dan Thawing di IPB kembali ke Surabaya

Tidak terasa workshop yang telah dilaksanakan selama 2 hari penuh (29 – 30 Mei 2023), mulai pagi sampai sore sudah berakhir. Ternyata waktu 2 hari tidak cukup untuk mengasah semua ketinggian ilmu agar bisa melakukan Vitrifikasi embrio dan ICSI, sehingga perlu ada kesempatan lagi untuk kembali menimba ilmu ke Prof. Drh. Arief Boediono, Ph.D., PAVet(K).

Banyak kenangan yang tidak terlupakan terutama kesibukan para peserta dalam persiapan pulang ke Surabaya. Seperti beli oleh-oleh khas Bogor di Kedung Dalam dan Bogor Permai. Pada saat boarding pass juga heboh, karena koper banyak yang semakin berat, tas bertambah jumlahnya, akibat banyaknya oleh-oleh yang dibawa.  Mengingat keberangkatan pesawat pada saat siang hari maka kami makan siang di Tana Java dalam bandara Halim Perdana Kusuma.

Workshop ini menambah ilmu dan keterampilan tentang bagaimana caranya supaya IVF berhasil, serta teknik ICSI yang mungkin merupakan pertama kali/baru dilaksanakan oleh para peserta. Serta menjalin kerjasama baik pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat.

Ucapan terima kasih kepada narasumber Prof. Drh. Arief Boediono, Ph.D., PAVet(K), Drh. Amrozi, Ph.D., Dr. Drh. Kurdiantoro Mohamad, M.Si., PAVet  dan staff yang telah menstrasfer ilmu dan keterampilan serta sarana dan prasarana secara profesional. Dan juga ucapan terima kasih kami sampaikan kepada pimpinan FKH yang telah memberikan kesempatan kepada kami para dosen FKH untuk meningkatkan kompetensinya. Serta kepada Kadep dan sekdep ilmu kedokteran hewan unair yang telah mengkoordinir dengan baik.

Penulis: Tri Wahyu Suprayogi Divisi Reproduksi

Leave a Reply