Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Wisata Edukasi di Mini Agrowisata DKPP Surabaya

page1image27250736

Mini Agrowisata Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, destinasi wisata dan edukasi pertanian, perikanan, peternakan dan pangan yang bertempat di Jl. Pagesangan II No. 56 Kota Surabaya. Mini Agrowisata ini dibuka untuk semua kalangan masyarakat, diantaranyapada mulai dari Playgroup/Paud, TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi di Surabaya dan sekitarnya. Di Mini Agrowisata dengan lahan seluas 6000 meter persegi ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan khas sebuah perkebunan yang hadir di tengah perkotaan, selain disediakan media percontohan pertanian,para pengunjung juga bisa bermain disana.

Sektor perikanan, ada beragam jenis budidaya ikan yaitu lele, nila, patin udang, hingga ikan jenis predator. Sedangkan pada sektor pertanian, ada berbagai jenis sayur yaitu cabai, sawi dan tomat yang ditanam melalui media hydroponik atau polybag. Sektor peternakan, ada berbagai jenis hewan yaitu kambing, domba, kelinci, ayam petelur, kura-kura dan angsa.

            page2image10484976 page2image10476448 page2image10471248

Pada tanggal 22 April – 03 Mei 2024 mahasiswa koas PPDH 40 FKH UNAIR, berkesempatan untuk melakukan PKL Kesmavet di DKPP Surabaya selama 2 minggu. Kegiatan yang kita lakukan disini seperti pengambilan telur dan pengemasan telur, melakukan perawatan kandang serta pembersihan kandang seperti melakukan penyemprotan antikutu dan desinfektan. Selanjutnya, pemberiaan pakan dan perawatan kesehatan pada hewan-hewan yang ada. Serta melakukan pengobatan secara langsung jika ada hewan-hewan yang terkena sakit. Pemberiaan pengobatan diarahkan dan diawasi oleh dokter pembimbing yang ada disana.