Seminar Online Pengembangan Biosensor untuk Diagnosis Penyakit Parasitik

Divisi Parasitologi Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga menyelenggarakan Seminar Online dengan tema “Pengembangan Biosensor untuk Diagnosis Penyakit Parasitik”. Kegiatan Seminar ini dilakukan selama 1 hari melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini rutin diadakan tiap semester untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang hasil penelitian terbaru dari para peneliti dan pakar.

Peserta yang mengikuti Seminar Online tersebut  sebanyak 150  terdiri Mahasiswa S1, Pendidikan Profesi Dokter Hewan, S2 Ilmu Penyakit dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (IPKMV), S3 Sain Veteriner, Peneliti, Praktisi dan organisasi profesi (P4I dan APARVI) . Kegiatan seminar ini dipandu oleh Aditya Yudhana, drh., M.Si sebagai pembawa acara.

Ketua pelaksana dalam Seminar online ini Dr. Poedji Hastutiek, drh., M.Si sebagai Ketua Divisi Parasitologi Veteriner FKH UNAIR dan pakar dalam bidang Arthropoda. Kegiatan dibuka oleh oleh Dekan FKH UNAIR Prof. Dr. Mirni Lamid, drh., MP.

Narasumber pertama April Hari Wardhana, SKH., M.Si., Ph.D. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) materi tentang Biosensor untuk Trypanosomiasis.

Narasumber kedua Hasim Munawar, S.Si., M.Phill Direktur Zimmer Peacock Asia, materi  Pengembangan Diagnosis dengan Biosensor.

Narasumber ketiga Dr. Mufasirin, drh., M.Si. Dosen Divisi Parasitologi Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga, materi tentang Pengembangan Diagnosis Cepat Toksoplasmosis.

Penyajian materi tersebut dilanjutkan acara diskusi dengan pertanyaan-pertanyaan yang cukup menarik.

Kegiatan ditutup dengan pemberian sertifikat pada narasumber secara virtual dan diakhiri dengan foto bersama.

Leave a Reply