Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

PERAWATAN LUKA PADA KUCING YANG TERKENA Klebsiella sp. DI KLINIK HEWAN PET`S CHOICE SURABAYA

Klinik hewan adalah tempat usaha Pelayanan Jasa Medik Veteriner yang memiliki Dokter Hewan Praktik dan fasilitas untuk penangan hewan. Kegiatan koasistensi di klinik luar kampus merupakan kegiatan wajib yang harus saya dan teman – teman lakukan sebagai mahasiswa PPDH Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga. Dilaksanakan sejak 15 Januari 2023 – 03 Februari 2024 ini kami lakukan di klinik Pet`s Choice Surabaya.

Tujuan koasistensi divisi klinik ini adalah untuk memenuhi salah satu kompetensi lulusan dokter hewan yaitu melakukan anamnesis, pemeriksaan, diagnosis, dan terapi terhadap kasus – kasus penyakit pada hewan kesayangan terutama anjing dan kucing. Selama proses di klinik LK kita banyak menerima Pelajaran seperti cara berbicara dengan owner, heandling restraint, pemeriksaan fisik sebelum dilakukannya grooming. Belajar menegtahui obat oba tapa saja yang digunakan untuk terapi pad hewan yang tersrang penyakit.

Klebsiella adalah genus bakteri berbentuk batang gram-negatif dengan kapsul yang terbuat dari polisakarida. Spesies anggota  Klebsiella banyak ditemukan di alam. Diperikirakan hal ini disebabkan oleh beragamnya garis-garis keturunan yang mengembangkan adaptasi-adaptasi khusus untuk lingungannya, menggunakan adaptasi biokimia yang membuatnya cocok dengan lingkungan sekitar. Organisme ini dapat ditemukan di air, tanah, tumbuhan, serangga, dan hewan-hewan lain, termasuk manusia.

Treatment yang dilakukan setiap hari di klinik pada kucing meumi ini adalah melakukan pembersihan luka, memberikan salep, memberikan obat luka yang berbetuk seperti bedak tabur. Setelah selesai, dilakukan penutupan luka dengan bandage yang rapih. Setiap pagi hari dan sore hari dilakukan pemberian makan dan pemberian minum, serta memperhatikan kesehatannya seperti apa.

Kucing Meumi yang terkena Klebsiella sp.

(Dokumentasi, Pribadi)

Dari semua yang telah dipelajari , hal tersebut selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3 yaitu Good Health, yang memiliki arti kucing tersebut setelah dilakukan treatment setiap hari luka yang terbuka semakin membaik dan keadaan kucin tersebut dalam keadaan sehat dan lincah.

Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada FKH UNAIR yang telah memberikan fasilitas praktik kerja klinik luar kampus dan Kepada Pet Choice Surabaya yang telah menerima saya sebagai mahasiswa untuk mendapatkan banyak Pelajaran serta keterampilan. Terimakasih saya sampaikan kepada drh.Dina, drh. Sarah, drh. Sinawang, drh. Daniel, drh. Mec, drh. Isma serta Tsalis, S.KH dan paramedis kak Daus, Kak Adel, Kak Arya, Kak Ongky, Kak Putra, Kak Iman, Kak Ferlin yang telat banyak memberikan ilmu yang ada. Semua pembelajaran yang saya dapatkan bisa dijadikan bekal untuk memasuki stase di Rumah Sakit Hewan Pendidikan dan Untuk memasuki dunia kerja.

Penulis : Nissa Maulia Bestari

NIM : 161229132

Gelombang 40/ Kelompok 1B/ Poli 2

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami