Pengembangan Materi Kuliah Anatomi Veteriner

Anatomi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari struktur tubuh secara keseluruhan dengan cara menguraikan tubuh menjadi bagian – bagian yang lebih kecil, dengan memotong bagian – bagian tubuh tersebut lalu di identifikasi dan di pelajari. Dalam perkembangannya, ilmu anatomi mencakup ilmu anatomi jaringan (histologi) dan anatomi perkembangan (embriologi). Tiga sub keilmuan tersebut yang menjadi tulang punggung (back bone) pembelajaran di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Namun dalam perkembangannya ke tiga sub keilmuan dapat dikembangkan menjadi beberapa keilmuan yang dapat diajarkan ke mahasiswa.

Hal ini yang didapatkan oleh ke empat staf Divisi Anatomi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga yang terdiri dari Dr. Epy Muhammad Luqman, drh., M.Si. (Ketua Divisi), Suryo Kuncorojakti, drh., M.Vet., Ph.D., drh. Gracia Angelina Hendarti, M.Si. dan Dr. Eka Pramyrtha Hestianah, drh., M.Kes yang bekunjung ke Fakultas Kedokteran Hewan Chulalongkorn University pada hari Jum’at tanggal 21 Juni 2023. Fakultas Kedokteran Hewan Chulalongkorn University sendiri sudah mengembangkan mata kuliah anatomi veteriner menjadi mata kuliah neuroanatomi dan beberapa mata kuliah pilihan seperti veterinari hematologi dll.

Divisi Anatomi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga juga sudah dan dapat mengembangkan tiga sub keilmuan yaitu anatomi gross, ilmu anatomi jaringan (histologi) dan anatomi perkembangan (embriologi) seperti akupunktur veteriner, fertilisasi in vitro dan terapi stem cell. Akupunktur veteriner sudah menjadi mata kuliah pilihan S1 Kedokteran Hewan, sedang fertilisasi in vitro sudah diberikan ke mahasiswa S1 Kedokteran Hewan dalam satu tatap muka dan terapi stem cell sudah diajarkan di mahasiswa S2 Biologi Reproduksi (Epy M Luqman/FKH Unair).

Leave a Reply