Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR untuk Mendorong Pengembangan Sapi Perah dan Pariwisata di Desa Negororejo, Probolinggo

Probolinggo, 30 Oktober 2023 – Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (UNAIR) telah memberikan kontribusi luar biasa bagi pengembangan pertanian dan pariwisata di Desa Negororejo, Probolinggo. Melalui program pengabdian masyarakat yang inovatif, fakultas ini telah bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk meningkatkan kualitas sapi perah dan produk susu di daerah tersebut dan memberi pelatihan untuk aneka olahan dari susu seperti kerupuk susu, yogurt, silky pudding, dll. Langkah ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat peternak, tetapi juga mendukung pengembangan potensi pariwisata desa yang semakin berkembang.

Sebagai bagian dari program tersebut, Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR telah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada warga dan peternak sapi perah di Negororejo. Melalui pendekatan ilmiah dan praktis, para peternak diberikan pengetahuan tentang manajemen peternakan yang efektif, kesehatan hewan, dan teknik pemberian pakan yang tepat oleh Prof. Dr. Suwarno, drh., M.Si. Warga Negororejo juga sangat aktif dan antusias pada waktu pemaparan materi.

Selain itu, pengembangan sapi perah di Negororejo juga telah mendorong pengembangan wisata peternakan. Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR bersama dengan pemerintah setempat telah merancang tur peternakan interaktif yang memungkinkan wisatawan untuk berfoto dengan sapi, memberi makan sapi, belajar langsung tentang proses pemerahan susu dan manajemen peternakan sapi perah. Tur ini tidak hanya meningkatkan pendapatan desa melalui pariwisata, tetapi juga memperkenalkan keindahan alam dan budaya lokal kepada wisatawan.

Melalui dedikasi dan kolaborasi antara Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Vokasi UNAIR dan masyarakat setempat, Negororejo diharapkan menjadi model bagi pengembangan pertanian berkelanjutan dan pariwisata pedesaan yang berhasil. Langkah ini tidak hanya meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal, tetapi juga mengangkat potensi desa sebagai destinasi wisata yang unik dan menarik di Probolinggo. Diharapkan kolaborasi ini akan terus berlanjut untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di masa depan.

Leave a Reply