Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Pengabdian Masyarakat di Dusun Sumber Pandan Desa Alaskokon Kecamatan Modung Bangkalan

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu visi tugas dosen Fakultas Kedokteran Hewan.Telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada hari Sabtu tanggal 29 Juli 2023 di dusun Sumber Pandan  Desa Alaskokon Kecamatan Modung Bangkalan.

Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan kepada peternak kambing Pote, cara menampung sperma kambing yang kemudian ditambah bahan pengencer antara lain laruran susu, larutan kuning telur sitrat dan bahkan bias menggunakan air kelapa muda. Volume sperma kambing sebanyak 0,8 ml  dapat digunakan untuk inseminasi 40 ekor kambing betina.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 38 peternak yang didampingi oleh ketua kelompok ternak Ustad Abdul Jalil . Materi yang diberikan adalah cara mengukur keberhasilan Inseminasi Buatan, cara menampung sperma kambing, cara merawat kambing bunting dan strategi pemasaran ternak kambing yang disampaikan oleh Prof.Dr. Suherni Susilowati, MKes, Drh; Dr. Tri Wahyu Suprayogi, MSi, Drh; Dr. Tatik Hernawati, MSi, Drh dan Yossy Imam Candika, S.E., M.SM., PFM., AWP. Kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa S1 FKH Unair dan mahasiswa S@ prodi Ilmu Biologi Reproduksi FKH Unair. Ternyata kegiatan tersebut disambut antusias oleh peternak.

 

Penulis : Suherni Susilowati

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami