Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Pemeriksaan Ante-Mortem dan Post-Mortem Hewan Qurban di Masjid Al-Azhar Kelapa Gading, Mulyorejo, Surabaya

Pada hari Senin, 17 Juni 2024, tim dokter hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, yang dipimpin oleh Dr. Rochmah Kurnijasanti, drh., M.Si, turut memantau secara langsung kegiatan penyembelihan hewan qurban di Masjid Al-Azhar Kelapa Gading, Surabaya. Dalam kegiatan ini, terdapat 10 ekor sapi dan 27 ekor kambing yang diperiksa untuk memastikan keamanan dan kesehatannya sebelum dan setelah disembelih atau diqurbankan. Penyakit seperti antraks, lumpy skin disease (LSD), serta penyakit mulut dan kuku, yang sempat menjadi perbincangan di kalangan masyarakat, adalah beberapa contoh penyakit yang harus diwaspadai. Setelah dilaksanakan pemeriksaan Post-Mortem, ditemukan satu ekor sapi yang organ hatinya harus diafkir karena terdapat infeksi cacing hati, namun dagingnya masih aman untuk dikonsumsi.

Sebagai tim dokter hewan, kami memiliki tanggung jawab untuk memastikan produk yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal), sebagai bentuk dari semboyan ‘Manusya Mriga Satwa Sewaka’ atau mensejahterakan manusia melalui kesehatan hewan. Pemeriksaan ini tidak hanya bertujuan untuk menjamin kesehatan hewan qurban, tetapi juga untuk menjaga kepercayaan dan keamanan konsumsi masyarakat. Proses pemeriksaan yang teliti, baik ante-mortem maupun post-mortem, adalah langkah penting dalam memastikan hewan qurban yang disembelih memenuhi standar kesehatan yang ketat.

Selain pemeriksaan kesehatan, tim dokter hewan juga memberikan edukasi kepada panitia penyembelihan mengenai pentingnya penanganan hewan yang baik dan benar. Edukasi ini meliputi cara menangani hewan sebelum penyembelihan, teknik penyembelihan yang sesuai syariat, serta penanganan daging setelah penyembelihan untuk mencegah kontaminasi. Dengan adanya edukasi ini, diharapkan panitia penyembelihan dapat melakukan tugasnya dengan lebih baik dan sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan.

Secara keseluruhan, kegiatan pemeriksaan dan edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hewan qurban yang disembelih serta memastikan bahwa daging yang didistribusikan kepada masyarakat adalah daging yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Melalui kolaborasi yang baik antara tim dokter hewan dan panitia penyembelihan, kegiatan penyembelihan hewan qurban di Masjid Al-Azhar Kelapa Gading dapat berjalan dengan lancar dan memenuhi standar yang ditetapkan.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami