Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Mengangkat Perkudaan, FKH Unair Gelar Pameran Pendidikan

Gambar 1. Booth Fakultas Kedokteran Hewan dengan tema perkudaan

Kuda merupakan hewan pseudoruminansia yang dimanfaatkan tenaganya. Salah satunya adalah digunakan sebagai olahraga yakni olahraga berkuda. Jenis olahraga berkuda salah satunya equestrian yang diantaranya meliputi dressage, show jumping, cross-country, endurance, horse back archery, polo, dan sebagainya. Equestrian cukup diminati oleh semua kalangan dari segala usia sehingga semakin banyak peminatnya pada olahraga ini. Seiring dengan bertambahnya peminat kuda, maka semakin banyak juga kuda-kuda yang perlu diperhatikan dari segi kesehatan, pelatihan dan kesiapan kompetisi.

Dokter hewan berperan dalam menjaga kesehatan dan performa pada kuda yang ditujukan untuk olahraga. Salah satunya dalam manajemen perawatan, manajemen perkandangan, manajemen pakan, manajemen latihan, dan kebutuhan-kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan.

Menurut Federal Equestrian International (FEI) Permitted Treating Veterinarian yang telah diperbaharui tahun 2024, terdapat sebanyak 28 dokter hewan yang telah terdaftar di Indonesia. Terkait hal ini, diketahui bahwa sangat sedikit sekali dokter hewan kuda yang berada di Indonesia. Potensi menjadi dokter hewan kuda sangatlah tinggi dan memiliki peluang yang cukup besar pada lingkup kerja.

Besarnya potensi dan peluang pada lingkup kerja dokter hewan kuda menjadikan kesempatan yang dapat dikenalkan pada calon-calon ksatria airlangga yang berkesempatan menghadiri pameran pendidikan Airlangga Education Expo. Pada kegiatan Airlangga Education Expo tanggal 1-3 februari 2024 yang berlokasi di gedung Airlangga Convention Center. Pada kegiatan Airlangga Education Expo calon ksatria airlangga berkesempatan untuk mengenal lebih dalam dari berbagai macam fakultas dalah satunya Fakultas Kedokteran Hewan. Fakultas Kedokteran Hewan mengangkat tema terkait perkudaan untuk desain booth pameran. Kegiatan ini ditujukan untuk mengenalkan para calon ksatria airlangga untuk mengenal lebih dalam terkait perkuliahan strata sarjana di Fakultas Kedokteran Hewan. Hal tersebut selaras dengan Sustainable Develpoment Goals (SDGs) nomor 4 yaitu quality education, yang memiliki arti Memberikan pendidikan yang unggul dengan memastikan bahwa pendidikan inklusif dan merata terwujud, serta mendorong peluang belajar sepanjang hayat bagi seluruh individu. Tidak hanya itu, adapun edukasi yang diberikan kepada calon ksatria airlangga mulai dari sarana belajar secara manajemen perawatan kuda dan kuku kuda, bidang anatomi sebagai sarana prasarana pembelajaran, dasar pemeriksaan fisik pada kuda dan berbagai macam obat-obatan yang digunakan pada kuda.

Manajemen perawatan dan pelatihan kuda merupakan alat-alat yang digunakan kuda dalam perawatan dan pelatihan kuda sehari-hari. Alat-alat perawatan dan pelatihan kuda meliputi hard brush, soft brush, knife SS, hoofpick, horse comb, tali lunging, briddle, bit kendali, martingle, saddle, stirrup, dan sebagainya (Gambar 2).