Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Menyelami Dunia Kuda Pacu di Octagon Stable: Pengalaman Berharga Mahasiswa Kedokteran HeMenyelami Dunia Kuda Pacu di Octagon Stable: Pengalaman Berharga Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Airlanggawan Universitas Airlangga

(24/06/2024-03/07/2024) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya mendapatkan kesempatan emas untuk mendalami dunia kuda pacu melalui program Magang Mandiri di Octagon Stable, Bantul, Yogyakarta. Selama sepuluh hari, kami menimba ilmu dan pengalaman langsung dari para profesional di stable tersebut, menjelajahi berbagai aspek penting dalam memelihara dan merawat kuda pacu. Pada pertemuan pertama kami diperkenalkan dengan sejarah dan asal usul kuda KP (Kuda Pacu) dan KPI (Kuda Pacu Indonesia). Mulai dari G1 hingga G8 yang diakui oleh Stud Book Indonesia, Musim Kawin yang berpengaruh besar terhadap perlombaan perdana kuda hingga mekanisme verifikasi kuda hingga terdaftar ke Stud Book Indonesia.

Pada hari-hari berikutnya kami mulai diajarkan monitoring kesehatan kuda, manajemen pakan kuda, serta cara mengatasi beberapa kasus kuda. Kami juga mendapatkan demonstrasi cara perawatan kuda dari rambut hingga ujung kuku yang kami praktekkan setiap harinya. Mulai dari menyisir rambut kuda, cara memotong rambut kuda, membersihkan tapal kuda, serta kami juga berkesempatan untuk observasi langsung cara potong kuku kaki kuda beserta penggantian tapalnya. Hal tersebut selaras dengan Sustainable Development Goals nomor 3 Good Health and Well-Being, yang artinya terjaminnya kesehatan dan kesejahteraan hewan yang dipelihara. Di hari selanjutnya, kami mulai diperkenalkan beberapa ras kuda baik gen lokal maupun seperti kuda Thoroughbred, Warmblood, dan Sandalwood. Dari anatomi, kelebihan serta kekurangannya dijelaskan secara rinci oleh Manager Octagon Stable yaitu Bapak Ary Dwi Prasetya. Kami juga melakukan observasi langsung di Malioboro pada kuda-kuda pekerja yaitu Andong.

(Jum’at/28/06/2024) Salah satu momen menarik dalam magang ini adalah ketika para mahasiswa diajak untuk mengamati langsung perlombaan kuda pacu di Kampus Kuda Klaten Championship 1st Series. Di sana, mereka tidak hanya disuguhkan dengan adrenalin balapan, tetapi juga mempelajari berbagai istilah dan mekanisme perlombaan, serta mengamati salah satu kuda dari Octagon Stable, yaitu Cairo, yang bertanding dengan penuh semangat.

(Rabu/03/07/2024) Kami melakukan review materi materi yang telah didapatkan serta melakukan tanya jawab seputar dunia kuda. Mulai dari penanganan kasus-kasus pada kuda melahirkan, perawatan kandang yang baik, manajemen pakan yang ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan dan performa kuda baik pacu maupun jumping. Beberapa dari kasus tidak didemonstrasikan karena tidak ada kasus tersebut di Octagon Stable. Di penghujung hari kami melakukan sesi dokumentasi penyerahan plakat kepada Bapak Ary Dwi Prasetya selaku manager utama Octagon Stable dan Penyerahan sertifikat kepada para peserta magang mandiri.

Magang Mandiri di Octagon Stable menjadi bukti nyata komitmen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan berwawasan luas bagi para mahasiswanya. Pengalaman ini tidak hanya memperkaya ilmu pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai penting seperti kerja keras, disiplin, dan tanggung jawab, yang akan menjadi bekal berharga bagi mahasiswa dalam membangun karir di masa depan.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami