Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Mahasiswa FKH UNAIR Pelajari Quality Control di RPA Phalosari Jombang

Pada Senin (1/7/2024), Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga berkunjung ke PT. Phalosari Unggul Jaya, Jombang, untuk mengikuti magang mandiri. Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari di bawah bimbingan Bapak Ainnur Rochman, atau akrabnya dipanggil Pak Aan, selaku Kepala Bagian QA-QC. Agenda magang mandiri bertujuan untuk memperkaya pengalaman lapangan mahasiswa, khususnya di bagian Quality Assurance(QA) dan Quality Control (QC) yang berperan dalam memastikan kualitas produk yang dihasilkan. Hal ini selaras dengan Sustainable Development Goals No 2, yaitu No Hunger, melalui penjaminan kualitas produk konsumsi yang kemudian mendukung ketahanan pangan dan gizi yang baik.

Empat Mahasiswa FKH UNAIR yang mengikuti kegiatan magang mandiri di PT. Phalosari Unggul Jaya yaitu Inas Zhafira, Melynda Veronika K., Nabila Shafia, dan Jie Fica Anindia. Setelah briefing singkat, mahasiswa mengamati secara dekat proses produksi di dalam RPA dan RPHU, mulai dari kedatangan unggas hidup hingga keluarnya produk jadi yang siap jual. Seusai penjelasan Standard Operating Procedure (SOP) dari QC yang mendampingi, mahasiswa diminta untuk menganalisis Critical Control Point (CCP) dalam proses produksi, yaitu titik yang jika tidak dikendalikan dengan baik dapat berisiko menimbulkan tidak amannya makanan, kerusakan (spoilage), dan kerugian ekonomi.

Mahasiswa FKH UNAIR mempresentasikan materi SOP dan Spesifikasi Produk.

Di RPA dan RPHU PT. Phalosari Unggul Jaya, terdapat berbagai spesifikasi produk yang ditawarkan. Untuk produk ayam, beberapa produk unggulannya antara lain Grade I, Karkas Spesial, Karkas Utuh, Karkas Leher Panjang, hingga produk cutting dan sampingan lainnya. Sementara untuk produk bebek, tersedia spesifikasi Madona dan Waco yang dapat dibagi lagi menjadi produk whole dan cutting, serta produk sampingan berupa HJA (Hati Jantung Ampela) dan Kepala Leher.

Selain itu, mahasiswa juga belajar mengenai Administrasi Ayam Hidup bersama Pak Joni dari bagian Purchasing, yang bertugas dalam pengadaan dan pengambilan ayam hidup dan non hidup. “Purchasing ini berlawanan prinsipnya dengan Marketing, tapi kerjanya masih berkaitan. Kami (Purchasing) beli dengan semurah-murahnya, kalau Marketing jual semahal-mahalnya,” ujar Pak Joni saat membuka materi. Penjelasan materi beliau meliputi pengambilan ayam hidup dari pemesanan, pengiriman, penerimaan ayam di lokasi RPA, hingga kendala-kendala yang sering dihadapi dalam pengadaan bahan baku.

Materi kemudian dilanjutkan oleh Pak Munir dari bagian Gudang yang menjelaskan mengenai Pengiriman Produk. Kebanyakan gudang di PT. Phalosari Unggul Jaya merupakan gudang basah, yaitu Cold Storage, dengan ketentuan pengaturan suhu maksimal -18℃. Sistem Warehouse yang digunakan mengacu pada metode FIFO (First In First Out) dimana barang yang masuk lebih dulu, akan keluar lebih dulu, serta penataannya menggunakan metode Palleting. Beliau juga menjelaskan mengenai keluar-masuknya barang dari gudang dan syarat-syaratnya, serta format Kartu Stok yang wajib diisi.

Seluruh materi yang telah didapat, mulai dari SOP hingga Pengiriman Produk, selanjutnya dipresentasikan di depan Pak Aan sebagai salah satu bentuk tugas magang mandiri. Kemudian pada hari terakhir, Jumat (5/7/2024), Pak Aan mengajak mahasiswa untuk melakukan simulasi audit. Beliau berharap simulasi tersebut dapat memberikan gambaran tentang proses berjalannya audit yang sesungguhnya. Menurut beliau, terdapat tiga hal yang berperan penting dalam kesuksesan berjalannya audit, yaitu persiapan dokumen yang matang, pengetahuan literatur, serta kemahiran public speaking.

Penyerahan plakat kepada Kepala Bagian QA-QC, Bapak Ainnur Rochman.

Dengan mempelajari tidak hanya proses produksi, tetapi juga proses awal pengadaan bahan baku hingga proses akhir pengiriman produk, mahasiswa diharapkan dapat memahami gambaran besar mengenai sistem yang berjalan di RPA. Bukan hanya belajar di QA dan QC saja, melainkan juga dengan bagian-bagian lain yang saling berkaitan dalam suatu struktur sistematis. Pengalaman lapangan yang diperoleh melalui magang mandiri ini diharapkan dapat menjadi wawasan yang bermanfaat bagi Mahasiswa FKH UNAIR sebagai persiapan menghadapi dunia kerja nantinya.

Penulis: Nabila Shafia dan Jie Fica Anindia

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami