Koordinasi Mahasiswa PPDH XXXIX Kelompok 2B bersama KUD Kertajaya Kabupaten Kediri dalam Rangka Kegiatan Praktek Kerja Lapangan Ternak Besar

Pelaksanaan kesehatan ternak profesi dokter hewan memiliki pengaruh yang besar, dikarenakan dokter hewan dapat melakukan adanya suatu pencegahan penyakit, diagnosa penyakit, dan pengobatan penyakit yang dapat terjadi pada hewan ternak. Selain itu, profesi dokter hewan dituntut untuk menyediakan pelayanan yang lebih spesifik terhadap industri produk hewan maupun pelestarian lingkungan di Indonesia melalui kesejahteraan dan kesehatan hewan.

Sebelum menyandang gelar dokter hewan, mahasiswa harus menyelesaikan studi Pendidikan Profesi Dokter Hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, sebagai persiapan dan pemantapan kemampuan dan keterampilan sebelum menjadi dokter hewan. Oleh karena itu mahasiswa diharuskan untuk menyelenggarakan Program Praktik Kerja Lapangan Ternak Besar, untuk dapat memperoleh pengalaman dan pengajaran secara langsung Program tersebut dilaksanakan di KUD Kertajaya Kabupaten Kediri dan mahasiswa yang mengikuti program tersebut dapat menambah wawasan serta pengetahuan yang bermanfaat nantinya menjadi praktisi Dokter Hewan di kemudian hari.

Koordinasi sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan ini agar dapat berjalan dengan lancer. Dalam kegiatan koordinasi ini mahasiswa diberikan pengarahan oleh dokter hewan dan KUD Kertajaya tentang dinamika masyarakat dan peternak di Desa Medowo Kabupaten Kediri dan epidemiologi penyakit yang menyerang ternak di Desa Medowo Kabupaten Kediri.

Penulis : Raihan Alif Rahadyan, S.KH

2 Responses

Leave a Reply