Inovasi Krupuk Susu, Yogurt, dan Silky Pudding: Pengabdian Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR untuk Mendorong Pariwisata dan UMKM di Desa Negorejo, Probolinggo

Desa Negorejo, Probolinggo, merupakan daerah yang terkenal dengan produksi susu sapi perahnya. Melalui program pengabdian masyarakat, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga telah berhasil menginspirasi dan mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta pariwisata di daerah tersebut.

Dalam upaya memajukan UMKM pariwisata di Desa Negorejo, Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR berfokus pada pengembangan produk olahan susu yang inovatif. Melalui pelatihan kepada warga, mereka berhasil mengenalkan konsep baru seperti krupuk susu, yogurt, dan silky pudding yang dihasilkan dari susu sapi lokal. Melalui teknik pengolahan yang tepat dan penggunaan bahan-bahan alami, produk-produk ini tidak hanya memberikan variasi baru bagi konsumen, tetapi juga meningkatkan nilai tambah bagi para peternak dan pelaku UMKM di desa tersebut.

Krupuk susu menjadi salah satu inovasi yang menarik perhatian banyak orang. Dengan memanfaatkan teknik khusus dalam pengolahan, Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR telah berhasil menciptakan krupuk yang renyah dan gurih dengan rasa unik dari susu sapi segar. Produk ini tidak hanya menarik bagi wisatawan yang mengunjungi desa, tetapi juga dapat dijual di tempat seperti pasar lokal dan regional sebagai camilan unik yang kaya akan nutrisi.

Selain krupuk susu, yogurt dan silky pudding juga telah mendapatkan sambutan hangat dari para konsumen. Dengan cara pengolahan yang mudah dan murah, namun dapat menghasilkan kualitas yang bagus dan rasa yang lezat, produk-produk ini diharapkan tidak hanya menjadi favorit di kalangan wisatawan yang berkunjung, tetapi juga di antara masyarakat lokal yang semakin sadar akan manfaat konsumsi produk susu yang sehat.

Pengabdian Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR tidak hanya membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pengusaha UMKM di Desa Negorejo, tetapi juga memberikan dorongan signifikan bagi pengembangan pariwisata di wilayah tersebut. Dengan adanya inovasi produk susu yang unik, desa ini semakin dikenal sebagai destinasi wisata kuliner yang menawarkan pengalaman unik bagi para wisatawan yang tertarik dengan kekayaan kuliner lokal.

Diharapkan, upaya kolaboratif antara Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR dan masyarakat setempat akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan UMKM di Desa Negorejo, serta membuka peluang baru bagi pengembangan pariwisata berkelanjutan di Probolinggo.

 

Leave a Reply