Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR Kunjungi Lamongan, Bojonegoro, dan Tuban: Kolaborasi untuk Sukseskan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Lamongan, Bojonegoro, Tuban – 16 dan 17 Mei 2024 – Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (UNAIR) melaksanakan kunjungan ke tiga dinas terkait Peternakan dan Kesehatan hewan di Kabupaten Lamongan, Bojonegoro, dan Tuban. Kunjungan ini dipimpin oleh Wakil Dekan I, Dr. Rimayanti, drh., M.Kes., bersama dengan Koordinator Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Hewan, Yulianna Puspitasari, drh., M.VSc., Ph.D.

Pertemuan dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan

Kunjungan pertama dilakukan di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan. Rombongan UNAIR diterima oleh Kepala Dinas, Shofiah Nurhayati, S.P., MSi. Pertemuan ini membahas upaya untuk mempererat hubungan baik yang sudah terjalin serta membicarakan kerjasama berkelanjutan antara kedua pihak. Dr. Rimayanti menyampaikan pentingnya dukungan dari dinas terkait dalam pelaksanaan program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”.

Kunjungan ke Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro

Selanjutnya, kunjungan dilanjutkan ke Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro. Di sini, rombongan diterima oleh Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, drh. Lutfi Nurrahman, M.Vet Diskusi hangat berlangsung mengenai pencapaian Dinas dalam memajukan sektor peternakan dan kesehatan hewan di Bojonegoro, dan dukungan  Dinas selama ini terhadap program pembelajaran yang dilakukan oleh FKH UNAIR terutama terkait penempatan mahasiswa untuk belajar dan berkontribusi langsung di lapangan, yang dalam waktu dekat juga akan direalisasikan kembali melalui program MBKM.

Diskusi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tuban

Pada hari berikutnya, kunjungan dilakukan ke Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tuban. Pertemuan dengan Drh. Pipin Diah Larasati, selaku Kepala Bidang Kesehatan Hewan, menghasilkan berbagai ide dan rencana untuk mendukung program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Diskusi ini menekankan pada pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan dan dinas setempat dalam mendidik mahasiswa agar memiliki pengalaman langsung di bidang kesehatan hewan, khususnya ternak besar.

Tujuan dan Harapan Kunjungan

Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi, menjaga hubungan baik, dan memperkuat kerjasama yang sudah terjalin antara Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR dengan dinas-dinas terkait. Selain itu, FKH UNAIR berharap dapat memperoleh dukungan penuh untuk pelaksanaan program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”, di mana mahasiswa FKH UNAIR akan dikirim ke masing-masing kabupaten untuk belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan kesehatan hewan di lapangan. Dr. Rimayanti mengungkapkan harapannya agar program ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat nyata, baik bagi mahasiswa maupun bagi perkembangan sektor peternakan dan kesehatan hewan di masing-masing daerah.¬† Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan sinergi antara akademisi dan praktisi di lapangan dapat terus ditingkatkan, sehingga tujuan dari program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” dapat tercapai dengan optimal.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami