Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Adventure Land Romokalisari Hingga Balai Kota Surabaya; Intip Keseruan Kegiatan PKL Kesmavet Mahasiswa FKH Unair

Pada Selasa, 21 Mei 2024, beberapa mahasiswa FKH Universitas Airlangga dan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya yang sedang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya berkesempatan untuk mengikuti kegiatan check-up rutin beberapa satwa yang ada di Adventure Land Romokalisari (ALR) dan Balai Kota Surabaya. Kegiatan di ALR dimulai pada pukul 08.30. Mahasiswa PKL bersama drh. Fabyo dari DKPP bertugas melakukan check-up pada seluruh satwa yang ada ditempat tersebut. Kegiatan check up rutin iniĀ  sejalan dengan tujuan SDG 15 untuk melindungi, memulihkan, dan mendorong penggunaan berkelanjutan ekosistem darat.

ALR merupakan destinasi wisata yang di resmikan oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi pada tahun 2022. Lokasi ini memiliki sejumlah wahana yang terdiri dari Playground, Mini Zoo, Arena Berkuda, ATV, Kano dan Sekoci di mangrove, serta Jetski. Drh. Fabyo bertanggungjawab atas kesehatan hewan yang ada di Mini Zoo ALR. Beberapa hewan yang dapat ditemukan meliputi kura-kura darat, kelinci, rusa, domba, dan kuda.

Pada hari Selasa lalu, selain berkesempatan untuk melakukan check-up rutin dan pemberian vitamin pada kuda di ALR, kami juga diajak untuk mengikuti kegiatan pelayanan kesehatan untuk burung yang dirawat di Balai Kota Surabaya. Terdapat laporan masuk bahwa Golden Pheasant di kandang burung sakit sehingga kami melakukan terapi berupa pemberian antibiotik, anti nyeri, dan vitamin. Kegiatan PKL kami hari itu pun ditutup dengan ikut membantu memberi pakan berbagai jenis burung yang dirawat di Balai Kota.

Penulis : Cinta Atsa Mahesa Rani, S. Kh.

Akses Cepat

Buletin Berita

Dapatkan berita terbaru dari kami