Peringkat Dunia Unair Naik, dari 750 ke 650

Lembaga pemeringkatan universitas dunia, QuacquarelliSymonds (QS) World University Ranking, merilis daftar 1.000 kampus terbaik di dunia periode 2019-2020, Rabu (7/6). Dalam rilis QS itu, sejumlah kampus Indonesia masuk dalam daftar, salah satunya adalah Universitas Airlangga (Unair).

Menurut hasil penilaian QS, Unair menduduki peringkat top 651-700 dunia. Rektor Universitas Airlangga, Mohammad Nasih, mengatakan peringkat tersebut merupakan pencapaian luar biasa Unair dibandingkan tahun 2018 yang hanya ranking top 751-800 dunia.
“Unair masuk top 651-700 dunia versi QS Ranking. Ini adalah lompatan yang luar biasa dan pencapaian tertinggi sejak tahun 2014 karena selama ini kami masuk di angka 700-700. Tahun lalu melorot di 750. Tahun ini loncat ke 600-an,” kata Nasih di Universitas Airlangga, Surabaya, Rabu (19/6).
Selain itu, dalam perangkingan indikator tertentu, Unair mengalami peningkatan, seperti relevansi lulusan dengan dunia kerja mengalami kenaikan 144 poin dan reputasi akademik mengalami peningkatan sebesar 79 poin.
“Unair dilihat dari relevansi lulusannya dengan dunia kerja termasuk dalam pengakuan pengguna lulusan. Unair masuk dalam top 393 jadi masuk dalam kategori sangat bagus, bagaimana lulusan kita diakui berkontribusi berbagai macam organisasi,” jelasnya.
Kendati demikian, Nasih mengaku sejumlah indikator tertentu mengalami penurunan, seperti turunnya mahasiswa internasional, sitasi, dan publikasi jurnal. Namun, ia enggan menyebutkan berapa besar penurunan tersebut.
Di sisi lain, Nasih mengungkapkan tetap optimistis Unair dapat meraih peringkat top 500 dunia di tahun selanjutnya. Ia bakal menggenjot sejumlah fakultas untuk menjadi unggulan baru Unair.
“Kita ingin salah satu dari FIB juga akan masuk. Kita punya unggulan-unggulan yang masuk. Ke depan kita fokus lagi ada dua atau tiga subjek Unair yang bisa masuk terbaik dunia,” ungkapnya.
“Tentu kita masih tetap FK menjadi acuan kita, karena FK dosen-dosennya nya luar biasa dan labnya juga luar biasa. Banyak juga orang yang tertarik dibidang itu. Sehingga kita berharap pengetahuan di kedokteran ini mampu kita sebarkan dan kita manfaatkan. Ini yang mau tetap yang dorong yang utama,” imbuhnya.
 
 
Hits 63

Terpopuler