MELENGKAPI PENGUASAAN DALAM BIDANG KEAHLIANNYA, STAF DOSEN FKH UNAIR MENGIKUTI WORKSHOP DI UNPAD DAN BATAN

Pakar Farmakologi dan Farmasi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Dr Iwan Syahrial Hamid, drh., M.Si. dan Moh. Sukmanadi, drh., M.Kes, mengikuti Workshop on Animal Handling and Modelling di Unpad dan BATAN.

Sebagaimana penuturan Dr Iwan Sahrial Hamid, drh. MSi., kegiatan di Batan meliputi aplikasi radio isotop senyawa berlabel. Yaitu
Senyawa yg salah satu atau lebih unsurnya digantikan oleh radio isotop. Pengamatan radioaktif atau komposisi radioaktif melalui senyawa atau fragmennya melalui proses Fisik, Kimia atau Biologi.

Kemanfaatan pada berbagai aspek kesehatan dan kedokteran (80% penggunaan senyawa bertanda radio isotop untuk diagnosa dan terapi)
Bidang Pertanian, Peternakan dan Biologi (ion dalam tanah, efisiensi pupuk, genetika, pemuliaan ternak/reproduksi dan pemuliaan tanaman).
Bidang Industri dan Hidrologi.

Moh. Sukmanadi drh., M.Kes. menambahkan, bahwa Radiofarmaka merupakan sediaan reaktif yang digunakan atau dimasukkan ke dalam tubuh manusia dengan tujuan diagnosis (pemancar gamma) maupun terapi (pemancar beta), suatu inovasi teknologi dengan pemanfaatan teknologi nuklir, digunakannya senyawa bertanda dan bahan aktif alam yang ditandai radioisotop untuk mengetahui efektivitas senyawa tersebut. Sebelum aplikasi maka digunakan hewan model untuk pre klinis.

Dalam Workshop ini, dua staf FKH Unair tersebut mendapat kesempatan untuk menjajaki pengembangan teknologi ini sekaligus mengadakan kolaborasi riset dengan BATAN ( drh Achmad Kurniawan ) dan
Labiovak Puskesad (Lembaga Biologi dan Vaksin Pusat Kesehatan Angkatan Darat), termasuk rencana mewujudkan pengadaan "Animal House" yang sudah didiskusikan dengan Ketua Perhimpunan Peneliti & Pengguna Hewan Laboratorium Indonesia (P3HLI), Fitriya Nur Annisa Dewi, drh., Ph.D., Cert.LAM.

Pada foto tampak dari kiri ke kanan adalah, Dr Iwan Sahrial Hamid, drh., MSi., Letda. Ckm. drh. Randi Sagasiousman, alumnus FKH Unair yang berdinas di Labiovak Puskesad (Lembaga Biologi dan Vaksin Pusat Kesehatan Angkatan Darat), dan paling kanan adalah Moh. Sukmanadi, drh., M.Kes.

Hits 101

Terpopuler