Sosialisasi dan Implementasi e-learning di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Pada tanggal 10 April 2019 pukul 13.00 bertempat di Ruang Sidang Tandjung Adiwinata Lt.2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, diadakan sosialiasi dan implementasi penggunaan sarana e-learning sebagai bentuk pembelajaran online di lingkungan Universitas Airlangga kepada seluruh dosen di FKH UNAIR.

Awal mula keberadaan aplikasi ini sebetulnya sudah terlaksana sejak beberapa tahun yang lalu, namun penggunaan laman web AULA (www.aula.unair.ac.id) belum sepenuhnya diketahui dan dilakukan oleh seluruh dosen di lingkungan UNAIR. Saat ini, sudah ada himbauan bahwa dalam 14 tatap muka kegiatan perkuliahan, 2 diantaranya adalah kegiatan pembelajaran e-learning menggunakan AULA UNAIR.

Acara sosialisasi ini dibuka oleh Dekan FKH UNAIR, Prof. Dr. Pudji Srianto, drh., M.Kes. dan materi sosialisasi dibawakan oleh perwakilan dari PIPS UNAIR, yaitu Bapak Dr. Nusdianto Triakoso, drh., MP yang juga merupakan dosen dari Departemen Klinik Veteriner FKH UNAIR. Inti dari adanya pembuatan aplikasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat perguruan tinggi khususnya UNAIR. Pemanfaatan program pembelajaran e-learning ini meliputi pendaftaran kelas belajar menurut mata kuliah yang diampu, pemberian materi seperti dalam kelas sebenarnya dengan meng-upload bahan presentasi power point (PPT), meng-upload sumber pembelajaran lain seperti dari website universitas atau YouTube, pemberian tugas dan kuis secara online serta pretes praktikum bagi mata kuliah yang ada. Besar harapan UNAIR agar program ini dapat diimplementasikan dengan baik oleh seluruh civitas akademika di FKH demi kelancaran proses akademik.

(H. Primarizky)

Hits 153

Terpopuler